oleh

Gempa 5 SR Goyang Morotai

Gempabumi berkekuatan 5 Skala Richter (SR) kembali menggoyang wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Kamis (1/6/2017) pukul 02.16 WIT.

Pusat gempabumi tersebut berada pada koordinat 2.79 LU dan 128.56 BT, tepatnya di laut pada jarak 21 km Timur Laut Pulau Morotai kedalaman 224 km.

BACA JUGA

Gamalama Masih Waspada

Gempa 5,4 SR Goyang Hibua Lamo

Gempa 5,4 SR Goyang Manado hingga Ternate

M Riyadi, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, mengemukakan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, gempabumi ini berpotensi dirasakan dengan intensitas sekitar II SIG-BMKG atau setara dengan III MMI di Pulau Morotai dan sekitarnya.

“Namun hingga laporan ini dibuat belum ada informasi dirasakan dari masyarakat. Gempabumi yang terjadi ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Philipina ke bawah Lempeng Mikro Halmahera,” kata Riyadi, melalui pesan Telegram, Kamis siang.

Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan. “Kepada masyarakat di pesisir pantai Pulau Morotai dan sekitarnya diimbau tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya.

Author: Fandi Gani

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar