oleh

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Jailolo Maluku Utara

Gempabumi kembali mengguncang wilayah Maluku Utara, Rabu malam, 12 Agustus, pukul 19.26 WIT. BMKG Stasiun Geofisika Ternate mencatat pusat gempa berada di laut.

Hasil analisa BMKG menunjukkan, gempa ini berkekuatan magnitudo 5,3 yang terjadi di laut pada jarak 122 km arah Barat Jailolo, Halmahera Barat dengan kedalaman 44 km.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kustoro Hariyatmoko menyatakan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

“Berdasarkan laporan masyarakat guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Pulau Mayau dengan intensitas III-IV MMI, Ternate II-III MMI, serta Bitung, Tomohon dan Manado dengan skala II MMI. Rata-rata getaran dirasakan orang yang berada dalam rumah,” ucap Kustoro.

Kustoro mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Hasil permodelan gempa ini tidak menunjukan potensi tsunami.

 

Rekomendasi

 

Kustoro mengimbau, kepada masyarakat yang berada di wilayah terdampak gempabumi ini agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Juga dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, serta periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal sebelum kembali ke dalam rumah,” tambahnya.

 

Irawan Lila

Bagikan Kabar Anda