oleh

Gempabumi Dangkal Goyang Jailolo

Gempabumi berkekuatan 4,2 Skala Richter menggoyang wilayah Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis (28/9/2017). Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kustoro Hariyatmoko, Kepala Stasiun Geofisika Ternate, mengatakan gempabumi itu terjadi pada siang hari pukul 13.29 WIT.

Menurutnya, pusat gempa berada di 0.98 LU dan 127.53 BT, tepatnya di darat pada jarak 11 km Tenggara Jailolo di kedalaman 2 km.

BACA JUGA

Gempa 5 SR Goyang Morotai

Dia mengatakan dari hasil peninjauan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan gempabumi dangkal akibat adanya deformasi batuan di bawah permukaan daratan wilayah setempat.

Sementara, dari laporan BPBD Halmahera Barat diidentifikasi gempabumi tersebut dirasakan pada skala III-IV MMI (II SIG BMKG) di wilayah Jailolo dan skala III MMI (I SIG BMKG) di wilayah Kota Ternate dan Sofifi, Kota Tidore Kepulauan. Hingga sekarang, belum ada keterangan apakah gempa tersebut menimbulkan kerusakan. Juga jatuhnya korban jiwa akibat gempa ini.

Terkait dengan kejadian gempa ini, masyarakat di daerah Jailolo dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG serta tidak terpancing isu dari sumber yang tidak bertanggung jawab.

BAGIKAN

Komentar