oleh

Gubernur Maluku Utara Gembira Liat Mentan Hadir di Halmahera

Gubernur Abdul Gani Kasuba gembira Mentan Syahrul Yasin Limpo hadir di tengah para petani Halmahera Utara. Bagi gubernur, kehadiran ini berkah bagi masyarakat di Maluku Utara.

“Kemarin saya dengar (Menteri Pertanian) mau ke sini, ya Allah ini rahmat, saya cari beliau di Jakarta belum sempat jumpa, tapi beliau yang mengantarkan dirinya ke sini,” ujar Gani dalam sambutannya, Minggu 4 Oktober 2020.

Mentan sebelumnya melakukan kunjungan kerja di Pulau Buru, Maluku. Agenda tersebut kemudian berlanjut di Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

“Pertanian tidak pernah mengingkari janji, kita hadir untuk memastikan segalanya berjalan baik. Kabupaten Halmahera Utara adalah daerah yang sangat bagus yang dikaruniai Tuhan. Jaminan pangan dari potensi daerah ini, apalagi di saat covid seperti ini,” kata Mentan.

Mentan menilai potensi ini mampu menjadi Sentra Produsen Padi di Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Muhammad Rizal Ismail menambahkan, saat ini di Maluku Utara menjalankan dua program strategis pertanian, yaitu Program Maluku Utara Menanam dan Gerakan Orientasi Ekspor.

“Program ini turunan dari Program Gratieks dan Grasida. Tahun depan kita akan usahakan target mendorong kelapa, pala, dan cengkih,” tambah Rizal di sela-sela kuker Mentan.

Dalam kuker Mentan ini dengan tujuan meninjau salah satu sentra beras di Kao Barat dan  sekaligus penanaman padi sawah serta penyerahan bantuan di kecamatan setempat.

Wahyudi Yahya
Author
Bagikan Kabar Anda