oleh

Harga Cabai di Ternate Tembus Rp100.000 Per Kilogram

Harga cabai rawit merah di kota Ternate, Maluku Utara, meroket tajam. Peningkatan harga ini terjadi sejak beberapa pekan lalu.

Salah seorang pedagang di Pasar Higienis Bahari Berkesan, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Nursan mengatakan, harga cabai rawit di kota itu menembus Rp 100 ribu per kg. Sementara cabai keriting Rp 50 ribu per kg, dan cabai merah besar Rp 40 ribu per kg.

Nursan mengemukakan, tingginya harga cabai disebabkan terbatasnya pasokan dari Manado, Sulawesi Utara. Menurutnya, kondisi cuaca ekstrim salah satu faktor penyebabnya.

Hal senada dikatakan Rahmawati, di Pasar Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan, “Kelangkaan dan kenaikan harga cabai ini dipengaruhi beberapa faktor.”

Dia menduga ada tengkulak yang bermain dengan harga cabai pedas itu. “Karena pasokan sebelumnya itu banyak. Yang saya jual Rp 60 ribu per kg. Itu Senin awal (minggu pertama Januari 2017). Tapi pas saya ambil harganya sudah naik lagi sehingga saya jual Rp 100 ribu per kg,” kata Rahma, saat disambangi KIERAHA.com, Sabtu (14/1/2017).

Bagikan Kabar Anda

Komentar