oleh

Harga Ikan Cakalang di Pasar Gamalama Ternate Relatif Stabil

Harga ikan cakalang di Pasar Gamalama, Ternate Tengah, Kota Ternate, setelah penerapan normal baru di era pandemi corona, terbilang relatif stabil, Senin, 31 Agustus 2020.

Kasri, penjual ikan cakalang menyebutkan, harga ikan itu berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 100.000 per ekor. Harga tersebut ditentukan dari berat dan ukuran ikan yang dijual.

“Untuk harga ikan yang berkisar antara Rp 60.000 – Rp 100.000 memiliki berat lebih dari 2 kilogram,” kata Kasri, begitu disambangi kieraha.com, di Pasar Gamalama, Senin siang.

Ikan jenis cakalang itu, lanjut Kasri, dibeli di Pusat Penampungan Ikan Perikanan Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan. Juga, sebagiannya diperoleh dari Perikanan Dufa Dufa.

“Ikan cakalang ini kami beli per kilo dengan harga Rp 18.000 baru kami jual lagi. Untuk harga ikan ini kami berdasarkan dengan berapa besar modal yang dikeluarkan,” sambung dia.

Kasri menyatakan, harga ikan tersebut kapan saja bisa berubah tergantung banyaknya pasokan ikan yang masuk. Apabila ikan banyak maka harga per kilo turun dari harga saat ini.

“Begitu sebaliknya jika pasokan ikan kurang maka harga per kilo bisa tambah naik (lebih mahal). Untuk 1 minggu lalu kami beli dengan harga Rp 15.000 per kilo,” lanjutnya.

Asrina M Saman
Author
Bagikan Kabar Anda