oleh

Hasil Pemeriksaan TCM Mendiang Sekkot Tidore Maluku Utara Terkonfirmasi Positif

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku Utara, dr Alvia Assagaf, kembali menyampaikan perkembangan kasus positif corona Covid-19. Pada hari pertama lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, terkonfirmasi bertambah satu orang dari Kota Tidore Kepulauan.

Alvia menyatakan, dengan bertambahnya satu kasus terbaru ini maka jumlah kasus positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara meningkat menjadi 100 orang per 24 Mei 2020.

“Tambahan 1 kasus ini sesuai pemeriksaan TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie Ternate sebanyak 1 spesimen atau 1 orang dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif Covid-19 dari Tidore Kepulauan,” sebut Alvia, di Kota Ternate, Minggu sore WIT.

Ia mengatakan tambahan kasus positif Covid dari Tidore ini seorang laki-laki dari Gamtufkange. Lelaki 57 tahun ini dengan status Pasien Dalam Pengawasan atau PDP.

Alvia menyatakan, PDP ini tidak memiliki riwayat perjalanan. Masuk Rumah Sakit Soasio Tidore tanggal 22 Mei 2020 dan meninggal tanggal 23 Mei 2020 di RSUD Chasan Boesorie.

Mendiang PDP ini diketahui menjabat sebagai Sekretaris Kota Tidore Kepulauan. Mendiang status PDP ini sebelumnya dilarikan ke rumah sakit karena memiliki gejala demam dan sesak napas. Yang kemudian dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif. Meski hasil non reaktif namun mendiang sekkot didiagnosa pneumonia atau infeksi paru-paru.

Alvia menambahkan, dengan bertambahnya satu kasus dari Tidore ini maka jumlah positif Covid-19 di Tidore Kepulauan meningkat menjadi 14 orang dari sebelumnya 13 orang.

Dari jumlah kasus positif 14 orang ini 4 diantaranya sembuh dan 2 orang meninggal termasuk dengan tambahan satu kasus yang baru terkonfirmasi tersebut.

Sebaran 100 Kasus di Maluku Utara

Selain Kota Tidore Kepulauan yang sudah terkonfirmasi kasus positif Covid-19 menjadi 14 orang, namun sebaran kasus positif Covid ini masih tertinggi berasal dari Kota Ternate.

Update data jumlah kasus per 24 Mei 2020 menunjukkan, Ternate sebanyak 57 orang positif Covid-19. Jumlah ini 6 orang diantaranya sudah sembuh dan 1 orang meninggal. Sementara, terbanyak ketiga terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari Halmahera Utara 9 orang, satu diantaranya sembuh dan 1 orang meninggal. Terbanyak keempat dari Pulau Morotai 7 orang, Halmahera Barat 4 orang, Sula 4 orang, Halmahera Tengah 2 orang, dan Halmahera Selatan 2 orang dengan 1 orang sembuh serta 1 meninggal, dan Halmahera Timur 1 orang.

BAGIKAN