oleh

Hujan Abu Dukono 700 Meter Mengarah Tobelo Selatan

Gunung Api Dukono di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, terus mengembuskan abu vulkanik, pada Kamis (18/5/2017) pukul 06.33 wit, mencapai 700 meter.

Iwan Amat, Kepala Pos Pengamatan Gunung Dukono, mengatakan ketinggian embusan abu vulkanik mencapai 700 meter bertiup ke arah selatan Tobelo, Halmahera Utara.

BACA JUGA

Gempa 5,7 SR Goyang Halmahera dan Morotai

Ancaman Tsunami di Halmahera Dicabut

“Teramati 30 kali letusan dengan ketinggian 200 hingga 700 meter di atas kawah puncak gunung. Warna asap putih dan kelabu,” kata Iwan, Kamis sore.

Dia mengemukakan aktivitas gunung api Dukono sepanjang 2017 ini cenderung fluktuatif. Hal itu terlihat dari data seismograf dan secara visual.

Hingga sekarang gunung api Dukono masih Level II atau Waspada.

“Untuk rekomendasi kami di Status Level II itu pada radius 2 kilometer tidak boleh ada aktivitas apa pun yang dilakukan masyarakat. Sehingga tidak boleh ada masyarakat yang mendekati kawah Malupang Warirang yang ada di puncak,” ujarnya.

Iwan mengimbau kepada warga masyarakat terdampak abu vulkanik selalu menyediakan masker atau penutup hidung dan mulut untuk digunakan pada saat dibutuhkan guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

Author: Fandi Gani

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar