oleh

Ini yang Akan Dilakukan Haji Usman Sidik Jika Terpilih Jadi Bupati Halmahera Selatan

Bakal Calon Bupati Halmahera Selatan, Haji Usman Sidik, mengikuti fit and proper test. Uji kepatutan dan kelayakan pemaparan visi dan misi itu, digelar tim penjaringan bakal calon kepala daerah dari Partai Gerindra, di Aula Hotel Grand Majang, Ternate, Senin (6/1/2020).

Dalam pemaparan tersebut, Haji Usman mengemukakan, membangun Halmahera Selatan hakekatnya adalah perwujudan kedaulatan rakyat menuju suatu kondisi yang lebih baik. Pembangunan yang harus dipahami, kata dia, adalah sebagai implementasi kebijakan untuk mewujudkan kesejahteraan secara universal.

“Kesejahtraan yang dimaksud adalah substantial welfare atau kesejahteraan hakiki, bukan pseudo welfare atau kesejahteraan semu,” ucap Usman.

Sebab itu, sebagai bakal calon Bupati Halmahera Selatan, Haji Usman mengusung Visi ‘Bersama Rakyat, Berjuang untuk Halmahera Selatan Sejahtera dan Berwibawa’.

Makna yang terkandung di dalam Visi ini, kata Usman, yang pertama adalah Bersama Rakyat. “Itu karena rakyat sesungguhnya lebih mengerti tentang permasalahan yang dihadapi. Olehnya itu, jika kebersamaan dibangun bersama dengan rakyat untuk perwujudan perubahan, maka insya Allah perubahan akan terlaksana dengan lancar dan bijaksana,” katanya.

Yang kedua, makna Berjuang, kata Usman, itu karena bila perjuangan perubahan terwujud, maka rakyatlah yang berkata kamilah yang mengerjakannya dan bukan sang pemimpin yang melakukannya.

“Sementara, Untuk Halsel Sejahtera dimaknai sebagai kebersamaan dalam perjuangan untuk menuju pada arah perjuangan lebih baik dan semata-mata dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat di negeri tercinta Halmahera Selatan,” sambungnya.

“Yang terakhir adalah makna Berwibawa, yang artinya memiliki keunggulan akan kualitas sumber daya manusia yang handal dalam segala aspek,” katanya.

Sementara, Misi yang dicanangkan Haji Usman, antar lain mendorong kemandirian rakyat melalui pengoptimalan SDA yang dimiliki, meningkatkan kapasitas SDM yang terampil di berbagai bidang, mewujudkan pelayanan pemerintahan yang akuntabel dan bertanggung jawab, serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Selain itu ada beberapa program yang akan diprioritaskan dalam 5 tahun kedepan, yaitu penguatan infrastruktur ekonomi, pengelolaan lingkungan hidup, pembangunan ekonomi berbasis komoditi unggulan dan perikanan,” tambahnya.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN