oleh

Ini yang Bikin Status Penularan Corona di Ternate Belum Turun

Kasus konfirmasi positif virus corona Covid-19 di Kota Ternate masih berlangsung setiap hari. Adanya kasus penularan ini sehingga Ternate masih masuk sebagai zona oranye.

“Status zona oranye belum berubah. Ini karena setiap hari masih ada kasus baru orang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Rajabessy, ketika dikonfirmasi kieraha.com, di Kantor Wali Kota, Kamis 17 September.

Nurbaity menjelaskan, status penularan corona ini bisa berubah apabila dalam lima hari berturut-turut tidak ada kasus konfirmasi positif. Aturan penetapan zona atau peta risiko penularan Covid-19 ini dilakukan berdasarkan peraturan yang dibuat Tim Gugus Tugas.

“Padahal, dari kita sendiri ingin supaya kasus Covid-19 ini segera turun, misalnya dalam lima hari itu hanya satu hari saja ada kasus maka bisa berubah menjadi zona kuning, tapi karena saat ini setiap hari masih ada konfirmasi positif sehingga tidak bisa berubah,” ucapnya.

Kasus Positif Capai 768 Orang

Nurbaity menyebutkan, hingga 17 September 2020, kasus terkonfirmasi positif corona di Ternate mencapai 768 orang. Dari jumlah ini tercatat 734 sembuh dan 21 meninggal dunia.

Adanya penularan corona yang masih terjadi di wilayah Ternate maka Nurbaity berharap kepada warga masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan virus corona.

“Ini supaya perubahan status dari zona oranye ke zona kuning bisa terjadi,” tambahnya.

Sahrul Jabidi
Author
Bagikan Kabar Anda