oleh

Jenis Batu Bacan Termahal yang Masih Diburu Para Kolektor

Batu bacan yang berasal dari Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, hingga kini masih diburu para kolektor. Jenis batu bacan termahal ini pun sering disebut juga dengan istilah batu gioknya Indonesia. Batu ini memiliki nama ilmiah Krisokola, yang masih sangat diminati para pecinta batu akik.

Nama bacan diambil dari nama pulau tempat di mana batu ini diperjualbelikan yaitu Pulau Bacan, Halmahera Selatan. Dahulu, batu ini merupakan batu perhiasan penting pada masa Kesultanan Bacan, Jailolo, Tidore dan Ternate.

Kini batu bacan masih banyak diperjualbelikan. Jenis batu bacan termahal pun tak pernah surut peminat dan masih diburu diburu oleh para kolektor. Jenis batu bacan saat ini masih bisa dihargai hingga ratusan juta rupiah.

Jenis batu bacan termahal ini dipatok berdasar kualitas dan keunikannya. Berikut jenis batu bacan termahal yang dirangkum dari Liputan6.com, Selasa (6/1/2020).

Batu Bacan Doko

Batu Bacan Doko berasal dari nama desa tempat pertama kali batu ini ditemukan, yaitu di Desa Doko, Kepulauan Kasiruta, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Batu bacan Doko memilki warna yang khas yaitu mulai dari hijau bening hingga gelap.

Bacan stone (laba-laba) bersama Nucleus Obi Stone yang dibungkus dengan emas. (Alves/Kieraha.com)
Bacan stone (laba-laba) bersama Nucleus Obi Stone yang dibungkus dengan emas. (Alves/Kieraha.com)

Jenis batu bacan termahal ini juga dikenal sebagai batu “hidup” karena kemampuannya menyerap energi di sekitarnya. Batu ini bisa berubah warna menjadi hijau gelap setelah dipakai atau disimpan dalam waktu lama. Ketika didekatkan pada emas atau perak, warna batu ini juga akan berubah. Banyak orang percaya, warna batu ini menghadirkan ketenangan bagi siapa pun yang memandangnya. Batu ini bisa dihargai hingga ratusan juta dinilai dari kualitasnya.

Batu Bacan Palamea

Batu bacan Palamea berasal dari nama desa tempat pertama kali batu ini diambil, yaitu di Desa Palamea, Kepulauan Kasiruta. Batu Bacan Palamea memiliki kekhasan tersendiri. Batu bacan palmea berwarna hijau muda kebiruan. Komposisi kandungan kapur (Chrysocolla) bacan Palamea lebih banyak dibandingkan dengan bacan Doko.

Jika proses kristalisasi batu bacan deko dikenal cepat, Batu Bacan Palamea berlaku sebaliknya. Meski begitu, jenis batu bacan termahal ini menjadi buruan para kolektor dengan harga fantastis. Batu ini juga sangat populer di kalangan pecinta batu akik.

Jenis batu mahal lainnya

Obi stone calcedony. (Ikram Sangaji/Kieraha.com)

Black Opal

Batu Black Opal ini di Indonesia banyak terdapat di daerah Banten, tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja. Batu ini juga dapat ditemui di sekitar Kalimantan. Struktur dari batu opal kalimaya mampu memancarkan dan menyebarkan cahaya dengan berbagai warna sesuai tempat dimana batu akik tersebut berasal. Konon, batu jenis ini menyimpan kekuatan alam yang berdampak positif bagi pemakainya. Batu ini bisa dihargai hingga puluhan juta.

Topaz

Jenis batu bacan termahal ini banyak ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko, dan Rusia. Topaz murni tidak berwarna dan transparan namun biasanya diwarnai oleh impuritas; topaz biasa berwarna kuning, abu-abu muda atau jingga kemerahan, dan biru cokelat. Selain itu ada juga warna putih, hijau muda, biru, emas, merah jambu (langka), kuning kemerahan sampai transparan.

Rubi

Batu ini berwarna merah muda hingga merah darah. Kandungan dalam rubi adalah mineral korundum dan yang memberikan warna merah adalah kromium. Di Indonesia batu ini biasa disebut batu Merah Delima.

Jenis batu bacan termahal ini dinilai sangat langka keberadaannya dan membuat harganya menjadi sangat mahal. Konon batu ini memiliki mitos ghaib yang hanya bisa diperoleh melalui pertapaan. Saat ini batu rubi merah delima yang asli hanya ada beberapa saja yang punya dan termasuk jenis pusaka.

Zamrud

Pada zaman kerajaan, jenis batu bacan termahal ini juga dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian. Batu ini memiliki warna hijau terang sampai hijau tua. Kini batu zamrud dianggap sebagai batu langka dan mahal. Batu ini diburu para kolektor di seluruh dunia hingga harga miliaran rupiah.

Safir

Batu ini merupakan salah satu batu akik termahal yang biasanya diburu para kolektor. Jenis batu bacan termahal ini kerap dijdadikan permata pada cincin. Safir memiliki warna biru yang indah dan menenangkan. Batu ini juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa. Batu safir bisa dihargai belasan bahkan hingga ratusan juta tergantung pada kualitasnya.

Sulaiman

Ada mitos jenis batu bacan termahal ini adalah batu yang pernah digunakan oleh Nabi Sulaiman. Sehingga namanya disebut Batu Akik Sulaiman. Jenis batu Sulaiman ini memiliki beberapa jenis yang umumnya berwarna merah, kuning, atau juga gabungan antara kedua warna tersebut.

Hampir seluruh daerah di Indonesia dapat ditemukan batu akik sulaiman. Batu Akik Sulaiman juga sudah menjadi target para kolektor, seperti jenis madu, Daud, Wulung, Combong, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pancawarna, Susu, Derajat, Kurung.

Kecubung

Batu akik kecubung dikenal sebagai akik yang memiliki komposisi serat yang indah. Motif batu akik ini tergolong unik ini sangat cocok dikenakan oleh kalangan muda maupun tua. Batu ini dinilia dapat memberi kesan berwibawa kepada orang yang mengenakannya.

Jenis batu bacan termahal ini termasuk dalam batu asli dari Kalimantan. Beberapa jenis batu kecubung banyak dikenal antara lain adalah batu kecubung wulung kalimantan, kecubung teh, kecubung tanduk, kecubung air, dan kecubung es.

Liputan6.com
Source
BAGIKAN