oleh

Jenis Ikan di Maluku Utara Ini Katanya Bisa Cegah Corona

Warga Maluku dan Maluku Utara dianjurkan untuk mengonsumsi makanan laut dan minum air kelapa muda. Ini dilakukan dalam rangka pencegahan penularan wabah virus corona.

Hal itu dikatakan Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan dan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menko PMK Muhadjir Effendi beserta rombongan Komisi VIII dan IX DPR RI, di Tempat Karantina Hotel Sahid, Ternate Tengah, Senin, 6 Juli 2020.

Kepala BNPB itu menyatakan, mengonsumsi makanan laut dan air kelapa muda ini perlu ditingkatkan karena vaksin virus corona Covid-19 hingga saat ini belum ditemukan.

“Saya sarankan kalau boleh masyarakat mengonsumsi ikan, termasuk lobster dan udang. Semua jenis makanan laut ini sangat berkualitas di Maluku Utara. Oleh karenanya orang Maluku Utara tidak boleh kenal Covid asalkan rajin mengonsumsi makanan jenis ini,” kata Doni, di Ternate, Senin sore WIT.

Doni menjelaskan, mengonsumsi makanan laut dan meminum air buah kelapa muda ini sifatnya untuk meningkatkan imunitas.

“Nah, Maluku dan Maluku Utara punya potensi untuk meningkatkan imunitas kesehatan kita atau tubuh kita dari makanan jenis ini,” ujar dia.

Apalagi, kata Doni, ikan jenis Tuna, Kerapu dan Bobara yang ada di perairan laut Maluku dan Maluku Utara itu memiliki protein tinggi dan sarat akan kandungan Omega 3.

“Banyak negara yang ingin mendapatkan Omega 3. Di Maluku dan Maluku Utara dari ikan itu berlimpah ruah Omega 3-nya,” lanjut Doni.

“Sehingga potensi daerah ini jangan disia-siakan. Kita ingin Maluku Utara tidak lagi terkena Covid, karena (itu) rajin mengonsumsi ikan dan meminum kelapa mudah,” tambahnya.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN