oleh

Nelayan Bolmong Hanyut Empat Hari di Laut Ditemukan di Perairan Ternate

Seorang warga Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara, ditemukan hanyut hingga di Perairan Pulau Hiri, Ternate, Maluku Utara, Senin pagi, 18 Januari 2021.

Nelayan bernama Ronald Pangandaeng, berumur 32 tahun itu hanyut sejak tanggal 14 Januari 2021, pukul 22.30. Korban tersebut ditemukan dalam kondisi selamat di rumpon.

BACA JUGA

Korban Banjir Halmahera Masih Bertahan di Pengungsian

Muhamad Arafah, Kepala Basarnas Ternate menyebutkan, kronologi korban ditemukan di atas rumpon itu diketahui berdasarkan laporan warga yang mendapat informasi dari korban saat berkomunikasi menggunakan saluran frekuensi 14.310 Mhz.

“Pelapor berkomunikasi dengan korban setelah hanyut dari tanggal 14 Januari 2021, pukul 22.30 WIT. Korban mengatakan dirinya sementara terapung-apung di rumpon yang putus akibat cuaca buruk, di sekitar Perairan Hiri Ternate,” jelas Arafah dalam rilis, Senin.

Adanya informasi ini kemudian Basarnas Ternate menggunakan KN SAR Pandudewanata menuju lokasi kejadian perkara sebagaimana informasi yang disampaikan melalui pelapor pada Senin dinihari, sekitar pukul 04.30 WIT.

“Informasi ini kemudian dilanjutkan ke Basarnas, dan sekitar pukul 07.08 WIT, Tim Rescue melakukan penyisiran di lokasi kejadian perkara sebagaimana informasi titik koordinat dari pelapor,” lanjut Arafah.

“Korban kemudian berhasil ditemukan dalam keadaan selamat di atas rumpon di koordinat jarak 7,6 NM dari LKP dan dilanjutkan dengan evakuasi korban ke Ternate,” sambungnya.

Korban selamat lalu dibawa menuju Kantor Basarnas untuk keperluan pendataan. (kr1)

Apriyanto Latukau

Bagikan Kabar Anda