oleh

Dubes Spanyol Pastikan Kapal JS de Elcano Berlabuh di Perairan Maluku Utara

Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Jose Maria Matres Manso, melakukan kunjungan kerja ke Maluku Utara, Senin 15 Februari.

Kunjungan ini dalam rangka membahas kesiapan kedatangan Kapal Juan Sebastian de Elcano, di Perairan Ternate dan Tidore.

BACA JUGA Kota Ternate Akhirnya Punya RSUD Sendiri

Jose di sela-sela pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Malut, memastikan bahwa tanggal 27 Maret 2021, kapal pelatihan Angkatan Laut Spanyol itu akan berlabuh di perairan antara Pulau Ternate dan Pulau Tidore, Maluku Utara. Kapal tersebut telah memulai pelayaran dari Spanyol sejak Oktober 2020 lalu dan diperkirakan akan tiba di Maluku Utara pada tanggal 27 Maret 2021.

“Oleh karena itu, dengan adanya kedatangan Kapal JS Elcano dalam ekspedisi Magellan ini akan dapat memberikan pendidikan sejarah dan kebudayaan tentang perjalanan masa lalu Bangsa Spanyol di Maluku Utara. Juga akan menumbuhkan ekonomi masyarakat,” lanjut Sekretaris Daerah Syamsuddin Abdul Kadir yang ikut mendampingi Gubernur Abdul Gani Kasuba, di Rumah Dinas Gubernur Malut, Kelurahan Takoma, Ternate, Senin siang WIT.

Ia menambahkan, kedatangan kapal ini sebelumnya sudah diagendakan bersamaan dengan Sail Tidore. Namun karena pandemi sehingga tidak berjalan sesuai rencana.

“Akan tetapi saat ini Pemerintah Spanyol tetap konsisten untuk melakukan pelayaran kapal ini sampai ke Maluku Utara, sehingga pertemuan ini sekaligus dalam rangka penyambutan kedatangan kapal (yang telah melakukan pelayarannya sejak Oktober 2020),” sambung Syamsuddin. (kr2) *

Andre Sudin

Bagikan Kabar Anda