Bisnis  

Konsumsi BBM Berkualitas Wilayah Maluku Papua Meningkat

Avatar photo

Manajemen PT Pertamina MOR VIII menyatakan konsumsi BBM di wilayah Maluku Papua meningkat. Kenaikan konsumsi BBM berkualitas tinggi itu dipicu adanya program berkah energi pertamina yang dilaunching pada Agustus 2018.

PT Pertamina Marketing Operation Region atau MOR VIII mencatat kenaikan sebesar 14 persen secara kumulatif untuk produk bahan bakar jenis Pertamax, Pertalite, dan Dexlite di empat provinsi; Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Unit Manager Communication and CSR Wilayah MOR VIII Maluku Papua, Eko Kristiawan, mengatakan minat masyarakat pada jenis BBM berkualitas menunjukkan tren peningkatan terjadi secara merata di wilayah operasional MOR VIII.

“Untuk periode Agustus 2018, bahan bakar jenis Pertalite naik 10 persen, Pertamax 18 persen dan Dexlite 25 persen,” ujar Eko kepada Kieraha.com Rabu (26/9/2018).

Kenaikan konsumsi ini, kata Eko, diprediksi akan terus meningkat seiring dengan pelaksanaan program BEP. Program berkah energi pertamina atau BEP tersebut dilaksanakan serentak di wilayah Indonesia mulai 9 Agustus hingga 31 Juli 2019.

“Pengundian dilaksanakan dalam 3 tahap. Rencana pengundian tahap pertama Desember 2018, tahap kedua April 2019, dan pengundian tahap tiga direncanakan jatuh pada Agustus 2019,” kata Eko.

Dia mengemukakan, konsumen di wilayah MOR VIII tersebut dapat berpartisipasi dalam program ini, dengan meningkatkan transaksi produk bahan bakar berkualitas di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU wilayah masing-masing.

Minat BBM Ramah Lingkungan

Di wilayah MOR VIII, lanjut Eko, peningkatan konsumsi Pertalite paling tinggi terjadi di Provinsi Maluku, yakni meningkat sebesar 16 persen. Sementara untuk produk Pertamax, peningkatan sebesar 31 persen terjadi di Provinsi Papua, dan peningkatan signifikan Dexlite sebesar 93 persen terjadi di wilayah Provinsi Maluku Utara.

“Peningkatan konsumsi ini menandakan semakin banyak konsumen cerdas yang menggunakan BBM ramah lingkungan di wilayah Maluku Papua,” kata Eko.

Eko berharap agar semakin banyak konsumen yang menggunakan bahan bakar berkualitas dan berpartisipasi dalam program berkah energi pertamina itu.

Cara mengikuti program undian berkah energi pertamina adalah melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui Google Play atau App Store dan melakukan registrasi. Konsumen mengunggah struk dan bukti transaksi produk Pertamina. Setelah melakukan transaksi secara tunai maupun non tunai, baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, maupun dengan kartu MyPertamina Loyalty & Cashless Payment, para konsumen akan mendapatkan struk pembelian diunggah ke aplikasi MyPertamina. “Para pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah seperti paket Umroh, Mercedes Benz Cabriolet, Harley Davidson, Yamaha N Max, dan Toyota Kijang Innova Diesel,” kata Eko.