Video  

Sejarah Bentukan Lava Batu Angus di Pulau Ternate

Avatar photo
Kawasan Batu Angus Kulaba. (Hairil Hiar/Kieraha.com)

Batu Angus di Kota Ternate, Maluku Utara, terbentuk dari lelehan lava atau lahar letusan magma Gunung Api Gamalama. Tercatat tiga kali letusan besar yang kemudian lavanya mengeras. Bentukan lava di Pulau Ternate ini dikenal dengan sebutan Batu Angus.

Menurut Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia Maluku Utara, Abdul Kadir Dedy Arif menyebutkan, hasil riset yang pernah dilakukan di lokasi aliran lava ditemukan beragam bentuknya.

BACA JUGA Waspada Jika Gamalama Mengamuk

Bentukan lava itu diantaranya Spatter Cone, Hornito, Lava Cave, dan AA Lava.

“Lava ini terbentuk akibat letusan Gunung Gamalama pada tahun 1737, yang kemudian membentuk Batu Angus di Kulaba, juga pada tahun 1763 membentuk Batu Angus di Tubo Tugurara dan tahun 1907 membentuk Batu Angus di antara belakang Bandara Sultan Babullah hingga Tarau, Kecamatan Ternate Utara,” kata Dedy, ketika dikonfirmasi kieraha.com, Sabtu 24 Juli 2021.

BACA JUGA  Klinik Terapi Akupuntur Kembali Dibuka di Ternate Utara
Peta aliran lava batu angus. (IAGI/Kieraha.com)
Peta aliran lava batu angus. (IAGI/Kieraha.com)

Bentukan lava ini merupakan letusan bagian samping atau bagian punggung Gamalama. Ini, kata Dedy bukan terjadi di bagian puncak seperti yang terlihat di Pulau Ternate.

BACA JUGA Sampah Menggunung hingga Terumbu Karang Rusak

Dedy menambahkan, hasil riset yang dilakukan IAGI Maluku Utara menyebutkan bentukan lava ini mirip dengan yang ada di Batur Bali, Hawai dan Arizona yang kini menjadi lokasi geowisata internasional.