Fakta dan Legenda dari Cerita Rakyat hingga Terbentuknya Danau Tolire di Ternate

Ternate merupakan sebuah kota kecil yang padat penduduk, di Maluku Utara, Indonesia bagian Timur. Pada kota pulau kecil ini, memiliki ragam cerita rakyat dan tradisi unik yang masih terjaga. Salah satu cerita rakyat yang melegenda hingga saat ini adalah tentang asal usul terbentuknya Danau Tolire, di Kelurahan Takome, Kecamatan Ternate Barat.

Legenda dari danau ini, terjadi karena kutukan Tuhan. Di danau ini dulunya sebuah kampung. Oleh warga lokal menyebutnya Gam Soela Takome. Gam atau Kampung Soela Takome tenggelam karena hubungan terlarang antara ayah dan anak putrinya. Adanya hubungan inses ini kemudian Kampung Soela Takome dikutuk dan tenggelam bersama penduduknya.

Secara geologi, Pulau Ternate merupakan daratan kecil dengan Gunung Api aktif Gamalama. Dalam catatan ahli geologi ini menyebutkan, terbentuknya Danau Tolire karena gempa tektonik yang terjadi sekitar September 1775. Aktivitas gunung api ini kemudian memicu erupsi hingga terjadi letusan dasyat pada 7 September 1775.

Letusan Gamalama ini menyebabkan Kampung Soela Takome tenggelam. Sementara, penduduk maupun bangunan yang ada di Gam Soela Takome semuanya terkubur di kawah danau tersebut.