oleh

Kala Gubernur Maluku Utara Menangis di Haul Abuya Sayyid Muhammad

Ribuan jemaah menghadiri Haul Profesor DR Abuya Sayyid Muhammad Al Hasan bin Alwi Al Maliki Al Hasani, di TPQ Khairunnisa Majelis Taklim Al Habib Abubakar bin Hasan Al Attas Azzabidi, Kampung Tengah, Kelurahan Gamalama, Ternate, Jumat malam (9/6/2017).

Nampak antusias jemaah yang mengikuti peringatan wafatnya Al Imam Muhadistudiyaril Hijaziah yang ke-13 ini. Pondok dan halaman pengajian Al Habib Abubakar yang dibangun pada 2013 dengan kapasitas 3.000 orang penuh.

Bahkan jemaah yang datang bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa, namun juga Gubernur, Kapolda, Walikota dan Kapolres Ternate, serta pimpinan SKPD.

BACA JUGA

15 Ribu Orang Hadiri Malam Nisfu Syaban Bersama Habib Abubakar di Ternate

Gubernur Maluku Utara Puasa Ramadan di Tanah Suci

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, mengatakan kedatangan dirinya bersama pimpinan SKPD untuk memperingati Haul Al Habib Sayyid Muhammad yang bertepatan dengan malam 14 Ramadan.

“(Sengaja) datang untuk mengikuti acara Haul,” kata Gani.

Kala gubernur Abdul Gani menceritakan perjalanannya bersama Al Habib Sayyid Muhammad Al Hasan bin Alwi Al Maliki Al Hasani di Kota Madinah, suasana haru mulai terlihat.

Tangis Abdul Gani pecah mengenang sejarah perjalanan dirinya menimbah ilmu di Madinah dan bertemu Al Habib Abubakar, yang ketika itu, keduanya mendapat nasehat dari Al Habib Sayyid Muhammad secara langsung.

“Meskipun Al Habib Sayyid Muhammad Al Hasan bin Alwi Al Maliki Al Hasani sudah meninggal, namun beliau meninggalkan ilmu yang luar biasa, salah satu yang ditinggalkan kepada kita semua termasuk murid beliau di hadapan kita ini (Al Habib Abubakar).”

Gubernur mengajak seluruh jemaah untuk selalu mengikuti anjuran Al Habib Abubakar yang senantiasa mengajak murid-muridnya taat beribadah pada Allah SWT.

Hal senada dikatakan Burhan Abdurahman, Walikota Ternate. Burhan mengucapkan terima kasih kepada Al Habib Abubakar yang sudah setiap tahun menghidupkan majelis di kota bermoto Bahari Berkesan itu.

“Karena apa yang dilakukan Al Habib Abubakar bin Hasan Al Attas Azzabidi ini sudah mendorong salah satu visi pemerintah kota Ternate yang menjadikan Ternate Kota Agamais,” katanya.

“Kita bersukur bersama tokoh besar ini telah banyak memberikan kontribusi besar terhadap penyebaran agama Islam di negeri ini. Telah banyak memberikan pemahaman-pemahaman tentang Islam, seperti yang kita rasakan saat ini.”

Burhan mengajak seluruh jemaah yang mendapatkan ilmu dari Al Habib Abubakar bin Hasan Al Attas Azzabidi, dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak ada untung apa-apa kalau setiap malam kita bersama belajar dari Al Habib Abubakar bin Hasan Al Attas Azzabidi, tapi kemudian kita tidak mengamalkannya, tidak mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.”

“Telah banyak umat Islam yang memahami ajaran Islam tapi kemudian masih sedikit yang mengamalkannya. Mudah-mudahan melalui Haul malam ini akan memberikan spirit dan semangat kepada kita semua untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT,” tutupnya.

Bagikan Kabar Anda

Komentar