oleh

Kapal dari Taliabu Tujuan Luwuk Tenggelam di Perairan Banggai

Kecelakaan pelayaran kembali terjadi di laut Perairan Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa (21/1/2020). Kapal ini bertolak dari Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kapal Motor Rifsin Pratama Sakti ini bertolak dari Pelabuhan Lede dengan tujuan Pelabuhan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, pada Selasa pagi sekitar pukul 05.00 WIT.

Kapal tersebut dikabarkan mengalami insiden kecelakaan–tenggelam di jarak sekitar 30 mil dari Perairan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, pada Selasa siang sekitar pukul 12.00 WITA.

Fahri Yosua, Humas Basarnas Ternate, Maluku Utara, saat dikonfirmasi, mengemukakan, kapal tersebut mengangkut sebanyak 14 orang. “Jumlah jiwa ini terdiri dari 8 orang kru KM Rifsin Pratama Sakti dan 6 orang penumpang,” kata Fahri, di Ternate, Selasa sore WIT.

Ia menambahkan, saat ini tim pencarian dan pertolongan Basarnas Palu sudah menuju ke lokasi kejadian. “Sesuai informasi yang diperoleh Basarnas Ternate, tim berangkat sejak pukul 13.57 WITA,” sambung dia.

Info awal kecelakaan kapal ini diterima oleh Polsek Lede, Taliabu, bahwa kapal dengan tujuan tersebut mengalami kecelakaan pelayaran (tenggelam) di Perairan Banggai.

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian dan pertolongan ini meliputi Tim Rescue Pos SAR Luwuk, BPBD, TNI dan Polair serta Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai Laut. Unsur tim yang tergabung ini bertolak menggunakan KN SAR Bhisma dan Palsar pendukung lainnya.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda