oleh

Kapolda Malut Ingatkan Para Kontestan Dewasa Sikapi Hasil Pilkada

Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Rikwanto mengingatkan kepada para kontestan yang maju pilkada di 8 kabupaten kota agar bersikap dewasa dan bisa menerima hasil kedepan.

“Harus dewasa dan siap menerima hasil, baik kalah atau menang, karena kalah menang (dalam pilkada) adalah pilihan rakyat yang harus diterima dengan baik,” ucap Kapolda, ketika dikonfirmasi, di Ternate, Jumat 24 Juli.

Kapolda memastikan semua pelanggaran pada pelaksanaan Pilkada 2020, di wilayah Maluku Utara akan ditindak tegas melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum atau Ditreskrimum yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu Provinsi Malut.

“Kalau dari kita, akan ada Ditreskrimum yang bergabung dalam Sentra Gakkumdu itu untuk menjaga proses pelaksanaan pemilihan berjalan sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Mengenai daerah rawan pemilu, lanjut Rikwanto pihak polda melalui Direktorat Intelkam telah melakukan pemetaan kerawanan di 8 kabupaten kota penyelenggara Pilkada 2020.

“Kita sudah petakan rawannya ada di mana, sehingga kita bisa diskusi dengan KPU dan Bawaslu supaya (kedepan) tidak terjadi hambatan di lapangan,” tambah Kapolda.

Khaira Ir Djailani
Author
BAGIKAN