oleh

Kapolres Ternate Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Polres bersama Kanwil Kemenag Kota Ternate menggelar Safari Ramadan, di Masjid Darul Iman, Kelurahan Sango, Ternate Utara, Rabu (15/5/2019).

Giat salat berjemaah dan tarawih keliling selama bulan Ramadan 1440 Hijriah ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan iman dan takwa, serta menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif di lingkungan masyarakat.

Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, mengajak jemaah dan masyarakat kota Ternate agar di bulan suci ini, bisa bersama-sama membersihkan hati.

“Agar pikiran, ucapan dan tindakan, serta perilaku kita menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain, dan lingkungan sekitar,” ucap Kapolres.

Kapolres memberikan pesan kamtibmas terkait hasil pemungutan suara pada Pemilu 2019 yang sudah selesai. “Saatnya kembali rukun, jangan ada lagi saling provokasi, saling hujat, dan saling klaim kemenangan,” kata Kapolres.

Ia mengajak, seluruh masyarakat untuk menunggu keputusan dari KPU RI. Sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu kecurangan dan wacana people power. Kalau ada dugaan kecurangan pada saat pemilu maka silahkan mengajukan gugatan secara hukum yang disertai dengan bukti. Jikalau diadu domba untuk kepentingan sesaat maka akan merusak bangsa ini.

Waspada selama Ramadan

Kapolres mengimbau, agar selama Ramadan masyarakat menjaga kenyamanan dan keamanan, lebih waspada terhadap kebakaran, pencurian, dan penjambretan. “Pastikan kompor dalam keadaan mati setelah selesai memasak atau meninggalkan rumah, pintu dan jendela dalam keadaan terkunci saat beristirahat atau meninggalkan rumah, kendaraan sudah dalam keadaan terkunci dan dimasukkan ke dalam rumah (garasi) saat istirahat maupun meninggalkan rumah,” sambung Kapolres.

“Untuk ibu-ibu rumah tangga yang sedang berbelanja dapat memperhatikan barang bawaan berharga; dompet, perhiasan maupun HP, serta dapat mengingatkan anak agar tidak pulang larut malam, bermain petasan, kebut-kebutan atau konvoi di jalan saat selesai tarawih maupun selesai sahur,” kata Kapolres lagi.

Dalam salat berjemaah itu dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate H Adam Ma’ruf, Kapolsek Utara AKP Ambo Welang, Imam Masjid Darul Iman, tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda, serta mahasiswa dari IAIN Ternate.

Safrin Samsudin Gafar
Author
BAGIKAN