oleh

Ketika Warga Afe Taduma Kagum dengan Penjelasan Yamin

Bakal Calon Wali Kota Ternate, Mohammad Yamin Tawary, terus melakukan pertemuan.

Yamin bersama tim pemenangannya kembali melakukan silaturahmi dengan masyarakat, di Kelurahan Afe Taduma, Pulau Ternate, Senin 17 Februari 2020, pukul 20.30 waktu setempat.

Sesaat setelah tiba di Kelurahan Afe Taduma, Balon Wali Kota Ternate yang dikenal mahir berbahasa daerah Ternate itu, pun disambut hangat oleh warga yang berjabat tangan.

Setelah memperkenalkan diri, Yamin Tawary kembali memberikan penegasan bahwa secara umum tugas seorang wali kota itu hanya dua; membangun kota dan mensejahterakan rakyat.

Menurut mantan Anggota DPR RI itu, majunya sebuah kota dan sejahteranya rakyat sangat tergantung pada sosok wali kota yang punya kepedulian penuh terhadap rakyatnya.

“Seperti dalam kehidupan keluarga, yang disebut sejahtera jika memiliki kemampuan daya beli terhadap bahan-bahan kebutuhan dasar hidup di pasar,” ujar Yamin.

Karena itu, lanjut Yamin, rakyat harus bekerja supaya ada pendapatan. Dan pemerintah punya kewajiban mengontrol laju inflasi harga barang dan terutama harga kebutuhan pokok.

“Ini supaya rakyat bisa hemat pengeluaran. Di samping hal tersebut, pemerintah juga perlu hadir membebaskan biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan dan kesehatan,” katanya.

Bukan hanya itu, kata Yamin, semua sektor yang berpeluang membuka lapangan pekerjaan bagi warga masyarakat perlu ditingkatkan oleh pemerintah kota. Misalnya, di sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan sektor pariwisata, serta infrastruktur dan potensi ekonomi lokal seperti batik tubo, kadera moya dan sirup pala.

Bagi Yamin, semua sektor yang akan digenjot oleh pemerintah kota itu yang terpenting juga harus didukung dengan keberpihakan anggaran, peraturan, dan kebijakan. “Selain itu, wali kotanya (selaku kepala daerah) harus rajin mengikuti perkembangan,” sambungnya.

“Karena terbukanya lapangan pekerjaan yang banyak kalau banyak tumbuh pengusaha. Karena pengusaha yang bisa menyediakan lapangan kerja khusus di sektor swasta, baik informal, pengusaha kecil, menengah maupun skala besar lainnya,” tambah Yamin.

Misi, salah seorang warga Afe Taduma yang mengagumi sosok Yamin, mengaku, penjelasan yang disampaikan Bakal Calon Wali Kota Ternate itu baru pertama didengarnya.

“Beberapa calon yang datang sebelumnya tidak pernah seperti ini,” kata Misi.

“Ini baru calon yang cerdas,” tambahnya. *

Redaksi
Editor
Bagikan Kabar Anda