oleh

Kiprah Yamin Tawary Bangun Gerakan Islam Lewat PII

Mohammad Yamin Tawary mengajak generasi muda bangsa dari kalangan PII Maluku Utara untuk membangun gerakan Islam dengan cara-cara yang efektif. Tujuannya adalah untuk kehidupan Islam tetap berlangsung dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila.

Hal ini, disampaikan Mohammad Yamin Tawary, saat menghadiri kegiatan PII Maluku Utara, di Aula Asrama Haji Ngade, Kecamatan Ternate Selatan, Ternate, Senin (30/12/2019).

Ia menyarankan, agar dalam pergerakan yang dibangun melalui Pelajar Islam Indonesia atau PII di Maluku Utara ini dapat menggunakan pendekatan adat dan kebudayaan. “Ikuti situasi yang ada, dan jangan habiskan waktu dengan perdebatan haram atau tidak,” katanya.

Bakal Calon Wali Kota Ternate 2020 ini menceritakan, perjalanan dirinya bersama beberapa kawan seperjuangan membangun PII dan HMI di masa Orde Baru sekitar tahun 1970.

“Saya sangat sedih kalau mengingat kembali situasi saat itu, yang sangat tertekan dengan rezim yang ada. Bahkan saya paling sering dipanggil polisi. Hampir setiap hari,” katanya.

“Namun, itu hanyalah perjalanan (nostalgia) saya saat membangun PII di Maluku Utara. Yang hasilnya bisa kita lihat saat ini, ada kemajuan dalam gerakan PII. Sehingga saya sangat bangga atas konsistensi kerja pengurus setelah jaman saya saat itu,” sambung Yamin.

Setelah sukses membangun gerakan di PII, kata Yamin, dirinya bersama beberapa kawan pergerakan di Maluku Utara saat itu, diantaranya Ridwan Ilyas (Ketua Muhammadiyah Malut saat ini) dan Taher Abdullah (mantan Kakanwil Kemenag Malut) kembali membangkitkan HMI yang stagnan dari dunia pergerakan di masa Orde Baru.

“Semua organisasi Islam saat itu mati suri, setelah dari PII kita juga bangkitkan HMI, kemudian mengaktifkan lagi remaja masjid,” lanjut Yamin. Bahkan, ia merupakan Ketua Pemuda Muhammadiyah pertama di Ternate.

Ketua Wilayah PII Maluku Utara, Sadam Hardi, yang mendampingi Yamin Tawary mengaku bangga dan terharu atas perjalanannya membangun gerakan Islam di Maluku Utara.

“Kita patut berbangga, apalagi kanda Yamin Tawary langsung menghadiri dan berbagi di sini. Bagi saya, ini merupakan suatu kebahagiaan pribadi dan khususnya kader PII. Semoga langkah politik kanda Yamin selalu diberkahi Allah SWT,” tutup Sadam.

Redaksi
Editor
BAGIKAN