oleh

Konferensi Kota AJI Ternate Resmi Tetapkan Ketua Baru

Pelaksanaan Konferensi Kota ketiga Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ternate, di Home Coffe Studio, Gamalama, Ternate, Kamis pagi hingga sore, berjalan lancar.

Konferta ini resmi menetapkan Hairil Haji Abdul Rahim atau Hairil Hiar (Korespoden Liputan6.com untuk Maluku Utara) sebagai Ketua dan Jufri Duwila (Wakil Pemimpin Redaksi Harian Malut Post) sebagai Sekretaris AJI Ternate periode 2019-2022. Mereka terpilih setelah dilakukan voting.

Hairil yang juga pemimpin redaksi media lokal, Kieraha.com dan Koresponden Beritagar.id untuk Maluku Utara bersama jurnalis Malut Post, itu terpilih menggantikan ketua dan sekretaris demisioner, Mahmud Ichi (Mongabay Indonesia) dan Budhy Nurgianto (Koresponden Tempo).

Ketua AJI terpilih, Hairil Abdul Rahim, mengatakan jurnalis dan media di Maluku Utara saat ini memiliki tantangan besar, salah satunya profesionalisme.

Dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik, di daerah, terkadang masih banyak jurnalis yang mengabaikan hal itu. Karenanya, kepengurusan kali ini, lanjut Hairil, bersama Jufri akan lebih berbenah untuk peningkatan kapasitas jurnalistik.

Sekretaris AJI terpilih, Jufri Duwila menyampaikan, tantangan terberat di kepengurusan saat ini adalah menghadapi pileg dan pilpres 2019.

Jufri mengemukakan, tantangan itu terkait dengan tugas-tugas jurnalistik, salah satunya ancaman kekerasan terhadap pekerja pers di tahun politik.

Hairil dan Jufri juga berharap, dengan program kerja yang telah disepakati dan ditetapkan dalam konferta tersebut, kedepan bisa dijalankan bersama. 

“Di kepengurusan ini, AJI Ternate akan lebih berbenah. Dan yang paling penting adalah menjaga semangat kebersamaan untuk organisasi ini,” sambung Hairil.

Koordinator Wilayah Timur (Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara) AJI Indonesia, Moh Ridwan Lapasere, yang mewakili Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Nasional AJI, di Ternate, menyampaikan selamat kepada keduanya atas amanah tersebut. 

“Terima kasih kepada Mahmud Ichi dan Budhy Nurgianto yang akhirnya bisa melahirkan kader baru yang akan menjalankan (dan melanjutkan roda organisasi) AJI Kota Ternate untuk kedepannya,” kata Ridwan.

Dalam konferta itu, juga langsung menetapkan tiga nama yang diusulkan sebagai Majelis Etik AJI Ternate periode 2019-2022, yakni Mahmud Ichi dari jurnalis sebagai Ketua, DR Herman Oesman (Akademisi UMMU Ternate) dan Rahim Thaib (Redaktur Harian Posko Malut) sebagai Sekretaris dan Anggota.

Munawir Taoeda

Bagikan Kabar Anda