oleh

KPU Bersama Ikom Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Public Speaking

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UMMU Ternate akan menggelar Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak.

Kegiatan bertajuk Belajar Public Speaking, Ciptakan Komunikator Karismatik dalam Pilgub 2018, itu sekaligus dirangkai dengan Pelatihan Public Speaking pada 28-30 Januari, di aula Gedung Kantor Wali Kota, Kecamatan Ternate Tengah, Ternate.

Koordinator Pelaksana Sosialisasi dan Pelatihan Public Speaking, Putri Nurdiana Jailani mengemukakan, maksud dari kegiatan tersebut diharapkan menjadi wadah alternatif kepada seluruh masyarakat Maluku Utara terutama para stakeholder untuk menciptakan pilkada yang demokratis dan berintegritas pada 27 Juni nanti.

Magister Sosiologi Komunikasi itu mengutarakan, awal mulanya muncul gagasan kerjasama Prodi Ikom dengan KPU Malut, karena Prodi Ikom sebagai lembaga pengabdian masyarakat memiliki keharusan mensukseskan pesta demokrasi tersebut.

“Dengan visi yang sama antara KPU dan Prodi Ilmu Komunikasi (Ikom), maka pembicaraan Kaprodi Wahyuni Bailusy dengan para mahasiswa agar melangsungkan pelatihan public speaking, mengingat ada momentum Pilkada Serentak sehingga dari situlah Prodi Ikom menawarkan kerja sama dengan KPU,” ujar Putri, begitu ia disapa, Rabu (24/1/2018).

BACA JUGA

Bersama Ciptakan Pilgub Malut Bermartabat

4 Pasangan Calon Resmi Daftar Pilgub Malut

Kaprodi Ikom UMMU Ternate Wahyuni Bailusy menambahkan, kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan level pengaruh seseorang dalam berkomunikasi di depan khalayak ramai.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelajaran mengenai cara berbicara di depan orang banyak, baik pelajar maupun mahasiswa, dan para tim kampanye calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Maluku Utara tahun ini,” ujar dia.

Mantan anggota Panwaslu di Pilwako Ternate 2015 itu mengemukakan, melalui pelatihan public speaking bisa mengasah basic komunikasi agar saat tampil di depan umum dapat memilih pesan-pesan yang pantas untuk disampaikan.

“Semoga pelatihan ini dapat memberikan pelajaran sekaligus bekal retorika secara baik dan berestetika bagi peserta pada umumnya serta para tim kampanye pasangan calon dalam Pilkada Malut 2018 pada khususnya,” kata Wahyuni lagi.

Author: Zaki Nino

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar