oleh

Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Jatuh pada Hari Minggu 24 Mei

Pemerintah RI secara resmi menetapkan hari Minggu 24 Mei 2020 sebagai tanggal 1 Syawal 1441 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri. Kepastian ini sesuai hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama di Jakarta berdasarkan pemantauan hilal di 80 titik di Indonesia.

BACA JUGA

Salat Idul Fitri di Masjid Besar Ternate Dilaksanakan dengan Protokol Covid

“Sidang isbat secara bulat menyatakan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad atau pada Minggu 24 Mei 2020,” kata Menteri Agama RI Fachrul Razi, di Jakarta, Jumat 22 Mei 2020.

Puasa Digenapkan 30 Hari

Kepala Stasiun Geofisika BMKG di Ternate, Kustoro Hariyatmoko menambahkan, sebelum digelar sidang isbat tersebut, untuk hasil pemantauan hilal di Kota Ternate disampaikan tidak terlihat akibat tertutup awan tebal.

Kustoro menjelaskan, rukyatul hilal di Menara Pantau Taduma, Kecamatan Pulau Ternate itu dilakukan bersama-sama dengan jajaran Kanwil Kementerian Agama Kota Ternate.

“Dari hasil pemantauan ini kemudian (Kanwil Kemenag Ternate) bersepakat puasa Ramadan 1441 H digenapkan menjadi 30 hari,” sebut Kustoro, kepada kieraha.com, Jumat malam.

Berdasarkan salah satu hasil pengamatan hilal di Kota Ternate dari 80 titik yang tersebar di wilayah Indonesia ini, kemudian disampaikan ke Kemenag RI untuk digelar sidang isbat.

Liputan6.com I Irawan Lila
Source I Author
Bagikan Kabar Anda