oleh

Lonjakan Drastis Kasus Baru Corona di Ternate Dua Bulan Terakhir

Kasus positif Covid-19 di Ternate, Maluku Utara, masih terus bertambah. Jumlah kasus ini mengalami peningkatan setiap bulan sejak konfirmasi kasus pertama pada 23 Maret lalu.

Update data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Malut yang diolah kieraha.com menunjukkan, penambahan kasus baru positif Covid-19 sejak dua bulan terakhir naik drastis.

Data penambahan kasus baru positif Covid-19 ini berbeda jauh dengan penambahan kasus yang terkonfirmasi pada bulan April hanya 19 kasus baru dan Mei sebanyak 79 kasus baru.

Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 ini terjadi peningkatan hingga mencapai angka dua ratusan lebih pada dua bulan terakhir, yaitu Juni 266 kasus baru dan Juli 276 kasus baru.

Tambahan kasus baru yang terjadi setiap bulan di kota pulau kecil ini membuat kasus positif Covid-19 secara akumulatif meningkat menjadi 641 orang pada update data 31 Juli 2020.

Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 143 orang sembuh dan 18 orang meninggal dunia.

Irwan Mustafa, Kabid Kajian Epidemiologi Maluku Utara mengemukakan, untuk menimalisir adanya lonjakan kasus yang terkonfirmasi terus bertambah itu perlu dilakukan penanganan hingga ke tingkat RT di wilayah masing-masing kelurahan di Ternate.

Waspada Bencana Multi Dimensi

Irwan menyatakan, langkah ini perlu dilakukan secara sistematis dan konsisten, kalau tidak maka dampaknya lebih sulit untuk mengatasi pandemi virus yang belum ada obatnya itu.

“Biayanya akan tambah besar, korban semakin banyak dan akhirnya muncul bencana multi dimensi,” jelas Irwan, ketika dikonfirmasi.

Karena itu, lanjut Irwan, sesuai hasil kajian Tim Epidemiologi bahwa langkah yang perlu dilakukan gugus tugas adalah penguatan kapasitas gugus tugas di kelurahan hingga RT.

Dengan demikian aparat gugus tugas kota dan provinsi bisa konsentrasi untuk mencegah Covid-19 di wilayah-wilayah interaksi publik.

BAGIKAN