oleh

Maluku Utara Kampanye Pentingnya Mengonsumsi Pangan Lokal

Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara terus melakukan kampanye pentingnya mengonsumsi pangan lokal. Kegiatan diversifikasi pangan lokal gathering Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM dan sosialisasi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman ini, berlangsung di Duafa Center, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Sabtu 21 November 2020.

Kepala Dinas Pangan Sri Hatari menjelaskan, diversifikasi pangan ini sudah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian pada 19 Agustus lalu secara serentak di seluruh Indonesia.

BACA JUGA

Desa Terpencil di Halmahera Dapat Ilmu Cegah Corona dan Atasi Krisis Pangan

Dengan pencanganan itu, menurutnya, pihak Dinas Pangan Maluku Utara terus melakukan kampanye diversifikasi pangan lokal dengan sasaran ASN, masyarakat dan pelaku UMKM.

“Ini sudah kita lakukan dan acara ini sasaran kita kepada para UMKM di Maluku Utara yang selama ini belum tersentuh oleh kegiatan-kegiatan pemerintah,” kata Sri.

Selain itu menurut dia, pihak Dinas Pangan juga memiliki Pojok Pangan yang berada di Kantor Dinas Pangan, Bandara Sultan Baabullah dan beberapa lokasi lainnya.

“Semua ini untuk mempromosikan pangan lokal Maluku Utara,” lanjut Sri.

Dengan kegiatan di Ternate ini, Sri berharap kedepan UMKM ini bisa lebih maju, sekaligus merubah paradigma masyarakat bahwa kenyang tidak harus dengan nasi.

“Pangan lokal kita lebih bergizi dan keamanannya lebih terjamin dibandingkan dengan makanan siap saji,” tambahnya.

Khaira Ir Djailani

Bagikan Kabar Anda