Pengamanan Bandara Soetta Diperketat Pasca Teror Bom di Surabaya

Avatar photo

Jumlah personel pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta dipertebal. Langkah itu menyusul adanya pengeboman Gereja GPPS Arjuno, GKI Diponegoro dan Gereja Katolik Santa Maria di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (15/5/2018), sekitar pukul 70.30 WIB.

Kabag Ops Polres Bandara Soetta, Kompol Syafii mengemukakan, ada 6 ribu aparat gabungan dikerahkan. Kekuatan ini berasal dari Polri, TNI, dan Aviation Security.

“Ini bagian dari langkah preventif kami menghalau segala ancaman dan gangguan kamtibmas di area Bandara,” kata Syafii dilansir Liputan6.com Minggu (13/5/2018).

Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tenang dalam menjalankan aktivitasnya di area Bandara Soekarno-Hatta. Ia meminta publik mepercayakan keamanan pada petugas. “Kami Polri, TNI, dan jajaran keamanan di Bandara berusaha penuh menjaga keamanan semua pihak,” ujar dia.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

Disorot Media Asing

Kabar tentang rentetan ledakan bom di tiga gereja di kota Surabaya pada Minggu pagi itu, menarik perhatian media asing. Insiden ini menewaskan 10 dan menyebabkan 41 lainnya luka-luka.

Tak lama pasca-insiden bom Surabaya, sejumlah media asing langsung memuat berita terkait. Media asal Inggris, The Guardian, memuat laporan bertajuk “Indonesia Church Attacks: Two Dead After Bombs Target Sunday Masses”yang menyebut tiga ledakan terjadi berselang 10 menit di masing-masing lokasi, yang menurut beberapa saksi, pertama kali terdengar pada pukul 07.30 WIB.

Media arus utama lainnya asal Negeri Ratu Elizabeth II, Telegraph.co.uk, mengaitkan tragedi bom Surabaya dengan beberapa serangan kelompok ekstremis terhadap umat minoritas di Indonesia. Salah satu contoh kasus yang diangkat berita berjudul “Deadly Bomb Attacks Target Three Churches in Indonesia’s City of Surabaya”itu adalah penembakan terhadap seorang pria yang menyerang jemaat gereja di Sleman, Yogyakarta, dengan sebilah pedang pada Februari lalu.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

Situs Express.co.uk yang mengutip dari kantor berita Associated Press mengangkat insiden bom Surabaya dalam artikel berjudul “Terror as Bombs Explode at Three Indonesian Churches Causing Multiple Fatalities”.

Source: Liputan6.com