1.299 Calon Haji asal Maluku Utara Tiba Madinah

Avatar photo
1.299 Calon Haji asal Maluku Utara Tiba Madinah
Pemeriksaan dokumen dan paspor JCH asal Maluku Utara saat tiba di Madinah. (Foto dok Kanwil Kemenag Malut)

Sebanyak 1.299 jemaah calon haji asal Maluku Utara, Indonesia, telah berada di Madinah, Arab Saudi. Kedatangan jemaah dari 10 Kabupaten Kota se Provinsi Maluku Utara di Madinah untuk melaksanakan salat arbain (40 waktu).

Data yang dilansir Kieraha.com di portal Kanwil Kemenag Malut menyebutkan, jumlah jemaah haji tersebut berasal dari kloter 7, 8, dan kloter 9. Seluruh jemaah haji dilaporkan tiba di Madinah, pada Jumat – Sabtu (13/7/2019) kemarin.

Dari informasi Kanwil Kemenag Malut menyatakan, jemaah haji kloter 7 terdiri dari 139 JCH asal Tidore Kepulauan, 85 JCH Halmahera Timur, 88 JCH Halmahera Barat, 117 JCH Kepulauan Sula dan 2 TPHD, serta didampingi 5 orang petugas kloter. JCH ini tiba di Bandara Madinah, Jumat (12/7/2019), pukul 04.08 waktu Madinah.

BACA JUGA  Waspada Peningkatan Aktivitas Gunung Gamalama di Ternate

Jemaah haji kloter 8 yang terdiri dari 287 JCH asal Kota Ternate, 2 JCH Halmahera Barat, 90 JCH Halmahera Tengah, 1 JCH Kepulauan Sula, 3 JCH Pulau Morotai, 65 JCH Pulau Taliabu 65 dan 2 TPHD, serta didampingi 5 orang petugas kloter 8 pun tiba di Bandara Amma Madinah, Sabtu (13/7/2019) pukul 01.50 waktu Arab Saudi. Sementara, JCH kloter 9 yang terdiri dari 225 JCH Halmahera Selatan, 71 JCH Pulau Morotai, 120 JCH Halmahera Utara, dan 2 TPHD ditambah jemaah calon haji asal Makassar 34 orang tiba di Bandara Madinah, Sabtu (13/7/2019), pukul 06.24 waktu Madinah.

Antrian JCH Kloter 8 saat pemeriksaan dokumen paspor di Bandara Amma Madinah

Ketua Kloter 7, Fahar Altras melaporkan, ada 7 jemaah dari kloter 7 yang dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia. Informasi ini, ia belum merinci nama-nama JCH yang dirujuk. Fahar menambahkan, JCH kloter 7 telah menempati hotel masing-masing. Ada dua hotel yang ditempati oleh JCH kloter 7, yaitu Hotel Haiyan Plaza Sektor 5 dan Silver Haiya Assalam Sektor 3.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Setelah mendapat kamar masing-masing yang dibagi oleh petugas haji, JCH kloter 7 yang dalam kondisi sehat langsung memulai salat arbain.

Sementara, untuk jemaah calon haji dari kloter 8 saat ini telah menempati hotel masing-masing. Direncanakan pukul 10.00 waktu Arab Saudi, jemaah bergerak menuju Masjid Nabawi untuk melaksanakan salat arbain, yang merupakan rangkaian ibadah sunah dari pelaksanaan ibadah haji di Madinah sebelum bergerak ke Makkah.

Informasi kesehatan jemaah kloter 8 pasca tiba di Madinah, sampai saat ini belum diketahui. Sementara kondisi kesehatan jemaah dari kloter 9, dilaporkan ada beberapa jemaah yang mengalami gangguan kesehatan. Kondisi ini diakibatkan faktor usia dan kelelahan namun sudah ditangani.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara
Irawan Lila
Author