15 Ribu Orang Hadiri Malam Nisfu Syaban Bersama Habib Abubakar di Ternate

Avatar photo

Sekitar 15 ribu orang hadir pada malam Nisfu Syaban 1438 Hijriah, di Kampung Tengah, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Kamis (11/5/2017).

Ribuan jemaah yang berasal dari wilayah Maluku Utara, Sulawesi, dan Kalimantan, itu datang mengikuti pembacaan doa dari Al Habib Abubakar Bin Hasan Alattas Azzabidi.

Pengataman KIERAHA.com, perayaan pertengahan bulan Syaban itu dilaksanakan di Pendopo Majelis Ilmu Habib Abubakar, Kampung Tengah, Kota Ternate.

BACA JUGA

Presiden Ingatkan Warga Maluku Utara Pentingnya Kepemilikan Sertifikat

Acara Nisfu Syaban dimulai dengan salat Magrib berjamaah. Sebelumnya seluruh jemaah yang hadir diberikan makanan untuk buka puasa bersama bagi yang berpuasa.

Alwi Albaar, Ketua Panitia Nisfu Syaban 2017, ketika dikonfirmasi, mengatakan setelah salat Magrib kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Yasin sebanyak tiga kali.

“Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa panjang umur agar beribadah kepada Allah SWT, doa diberikan rezeki yang halal agar beribadah kepada Allah SWT, dan doa ditetapkan iman agar melaksanakan ibadah bulan Ramadan,” ujar Alwi, Kamis malam.

Setelah pembacaan doa, kata Alwi, dilanjutkan dengan salat Isya berjamaah, salat Tasbih dan ditutup dengan makan malam bersama seluruh jemaah yang hadir.

“Alhamdulillah, dari semua ruangan dan tenda-tenda yang disediakan panitia semuanya terisi. Jumlah jemaah yang hadir sekitar 15 ribu orang lebih,” kata Alwi.

Alwi mengemukakan perayaan Nisfu Syaban 2017 merupakan yang terbesar dari pelaksanaan 2 tahun sebelumnya di Ternate. “Dan itu yang diinginkan Habib,” ucapnya.

“Selain ketiga doa yang dipanjatkan oleh Habib (Abubakar Bin Hasan Alattas Azzabidi), juga ditambahkan dengan doa mempersatukan NKRI agar dijauhkan dari orang-orang yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan kita,” sambungnya.

Tujuan dari pelaksanaan Nisfu Syaban untuk meningkatkan ketaqwaan dan meminta pengampunan dari Allah SWT.

Burhan Abdurahman, Walikota Ternate, mengemukakan pelaksanaan Nisfu Syaban sangat besar manfaatnya. Selain syiar Islam, juga meningkatkan kualitas keberagaman masyarakat di kota bermoto Bahari Berkesan dan umumnya Bumi Moloku Kieraha.

Acara tersebut bagi Burhan secara tidak langsung telah mendukung Ternate sebagai Kota Agamais. “Oleh karenanya pemerintah kota menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Habib, yang telah berperan dalam mewujudkan visi Ternate Kota Agamais. Selain itu, dengan adanya kegiatan majelis ini secara langsung memberikan dampak kualitas iman dan taqwa terhadap Allah SWT,” ujarnya.

Hadir Kapolda Brigadir Jenderal Polisi Tugas Dwi Apriyanto, Kepala BIN Daerah dan Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, serta jajaran SKPD lingkup pemkot Ternate.

Berikut video pembacaan doa yang dipanjatkan langsung oleh Al Habib Abubakar Bin Hasan Alattas Azzabidi dan diikuti sekitar 15 ribu jemaah yang hadir.

https://www.youtube.com/watch?v=tnGFgH7_NxU