PNS Provinsi Terpapar Corona di Maluku Utara Bertambah Enam Orang

  • Bagikan
Dokter Idhar Sidi Umar. (Kieraha.com)

Enam PNS Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara kembali dinyatakan terpapar virus corona Covid-19. Jumlah ini menyusul 17 PNS sebelumnya dari Distan dan Bappeda.

“Yang terpapar Covid-19 di Bappeda sudah 13 orang, Distan 4 dan Dinkes Malut 6 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Idhar Sidi Umar, ketika dikonfirmasi, Selasa 2 Februari 2021.

BACA JUGA Kala Izin Tambang Hantui Warga Obi Halmahera Selatan

Ia mengatakan enam pegawai Dinkes yang dinyatakan positif Covid-19 itu merupakan hasil pemeriksaan swab kedua setelah dua orang sebelumnya dinyatakan positif corona.

“Dari hasil (tracing kontak) dua orang itu kemudian dilakukan swab test 32 orang. Hasil tes ini kemudian terkonfirmasi 4 orang PNS di Dinkes Malut positif Covid-19,” jelasnya.

Ia menyatakan, dari jumlah total 23 PNS yang terpapar virus corona ini kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap seluruh PNS di SPKD tersebut, namun hasilnya belum diterima.

“Untuk pengambilan swab pertama hasilnya itu positif 23 orang. Sementara swab test lanjutan di RSUD Ternate belum diterima. Hasil swab ini masih kita tunggu,” lanjutnya.

PNS Positif Corona Domisili di Ternate

Idhar menyebutkan, sebagian besar PNS Pemprov Malut yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdomisili di Kota Ternate. Mereka saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

Untuk aktivitas kantor PNS di tiga SKPD ini seluruhnya sudah diberlakukan bekerja dari rumah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi klaster baru PNS terpapar virus corona.

“(Adanya kasus positif di lingkup PNS ini) kami minta semua orang harus memiliki kesadaran untuk memutus rantai penularan Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini dimulai dari lingkungan keluarga hingga saat beraktivitas di luar rumah. Saya harap kesadaran masing-masing karena ini paling penting,” tutupnya.

Khaira Ir Djailani

  • Bagikan