Tradisi ‘Joko Kaha’ Sambut Kapolda Malut Besok

Avatar photo

Kedatangan Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Achmad Juri bersama ibu akan disambut dengan tradisi joko kaha saat menginjakkan kaki pertama kali di Ternate, Sabtu (8/7/2017).

Joko kaha atau injak tanah dalam bahasa Indonesia adalah salah satu tradisi orang Ternate untuk melakukan ritual menginjak tanah pertama kali di bumi setempat.

Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendry Badar mengatakan kedatangan Kapolda bersama ibu menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan tiba di Bandara Sultan Babullah, Kelurahan Akehuda, Ternate Utara, pukul 07.30 WIT.

BACA JUGA

Kapolri Lantik Kapolda Malut 7 Juli

Brigjen Achmad Juri Jabat Kapolda Baru Maluku Utara

“Kedatangan pak Kapolda dan ibu akan dijemput oleh Forkompimda dengan tarian soya-soya dan pelaksanaan joko kaha di Bandara Sultan Babullah,” katanya.

Hendry menambahkan, setelah melakukan penjemputan Kapolda, pada keesokannya, dilanjutkan dengan kegiatan penyerahan pataka Polda Malut Fodudara Ngone Moi-Moi dari pejabat lama kepada pejabat baru di pelabuhan perikanan Bastiong Ternate.

“Setelah penyerahan tersebut, pejabat lama Kapolda Malut (Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto) akan memaparkan situasi dan kondisi di wilayah Maluku Utara kepada pejabat baru selama 8 bulan memimpin Polda Malut,” ucapnya.

Hendry mengemukakan upacara serahterima jabatan dan pengambilan sumpah Kapolda Malut dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Jumat tadi.

“Selain Kapolda Malut Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto kepada pejabat baru Brigjen Pol Achmad Juri, juga Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada Irjen Pol Paulus Waterpauw,” sambungnya.

Author: Khaira Ir Djailani

Editor: Redaksi