Perayaan Idul Adha 9 Juli dan 10 Juli 2022 di Maluku Utara Berjalan Lancar

Ritual Kolano Uci Sabea Idul Adha 1443 Hijriah, di Masjid Kesultanan Ternate, pada 9 Juli 2022.

Pelaksanaan Salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah di wilayah Provinsi Maluku Utara berjalan aman dan lancar. Untuk wilayah Kota Ternate, sebagian besar umat muslim melaksanakan ibadah salat ini pada tanggal 9 Juli serta lainnya pada tanggal 10 Juli 2022.

Ibadah salat hari raya kurban pada hari Sabtu kemarin di Ternate, diikuti sebagian besar masjid yang tersebar di Pulau Ternate. Jumlah masjid ini tercatat kurang lebih 60 masjid dan sisanya sekitar 20 masjid melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 2022 pada Minggu 10 Juli.

BACA JUGA Warga Ternate Diberikan Pilihan Tentukan Hari Salat Idul Adha 1443 Hijriah

Meski berbeda hari perayaan Idul Adha ini, namun ribuan umat muslim yang beribadah di masjid tetap menunaikan dengan khusyuk. Bahkan perayaannya berjalan seperti biasanya.

Wakil Walikota Ternate Jasri Usman menyebutkan, salat Idul Adha yang dilaksanakan umat muslim pada 9 Juli dan 10 Juli 2022 itu merupakan hikmah yang perlu disyukuri.

“Karena berbeda adalah rahmat dari sang pencipta, sehingga jangan dipolemikkan terkait pelaksanaan ibadah ini,” ujar Jasri yang melaksanakan salat Idul Adha, Minggu 10 Juli.

Pada Hari Raya Idul Adha ini, lanjut Jasri, hendaknya dijadikan sebagai momentum berbagi dengan sesama, meningkatkan keimanan, ketakwaan dan menjaga tali silaturahmi.

Sekretaris Daerah Kota Ternate Jusuf Sunya bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Ternate yang melaksanakan ibadah salat Idul Adha, di Masjid Raya Al Munawwar, Kelurahan Gamalama, Ternate Ternate pada 9 Juli, memberikan apresiasi kepada umat muslim Kota Ternate yang menggelar ibadah salat Idul Adha pada 9 Juli maupun tanggal 10 Juli 2022.

Pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 Hijriah, di Asrama Haji Transit, Kelurahan Ngade, Ternate.
Pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 Hijriah, di Asrama Haji Transit, Kelurahan Ngade, Ternate.

“Ini merupakan modernisasi agama dan jangan dijadikan sebagai polemik,” ucapnya.

Atas nama pemerintah, lanjut Jasri sebagai Wakil Walikota Ternate menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 2022 bagi umat muslim Kota Ternate dan umumnya. *

Akbar Amin