BMKG Prediksi Hujan Lebat Masih Mengguyur Wilayah Maluku Utara

Avatar photo
Hujan lebat yang mengguyur Ternate. (Kieraha.com)

BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Babullah Ternate mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Maluku Utara. Prakiraan cuaca ini berlangsung hingga tiga hari ke depan sejak prediksi tersebut dirilis pada Selasa kemarin.

Koodinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Sultan Babullah Satria Krida Nugraha menyebutkan, potensi hujan ini imbues dari fenomena madden julian oscillation dan gelombang Rossby.

“Ini merupakan gelombang atmosfir yang bergerak mengintari wilayah khatulistiwa dan dapat membawa massa udara basah di wilayah Maluku Utara atau sekitar Indonesia Timur,” jelasnya, Rabu 13 September 2023.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Satria mengemukakan, untuk wilayah Maluku Utara yang berpotensi hujan sedang hingga lebat meliputi Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Ternate dan Tidore.

Adanya prakiraan cuaca ini, lanjut Satria, BMKG meminta kepada warga masyarakat untuk tetap tingkatkan kewaspadaan, terutama yang tinggal di sekitar kali yang berpotensi banjir. *