Kapolda Maluku Utara Tinjau Pembangunan Hilirisasi Nikel di Obi

Avatar photo
Kunjungan kerja Kapolda Malut di Obi. (Dok Harita)

Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Rikhwanto meninjau perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian nikel di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Selasa, 22 September.

Kunjungan Kapolda ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan terkini pabrik bahan baku baterai mobil listrik yang dikembangkan oleh perusahaan tambang Harita Nickel.

Kapolda dalam kunjungan kerja tersebut menyampaikan apresiasinya kepada pihak perusahaan. Perusahaan dianggap serius mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan nilai tambah SDA dalam negeri.

“Kami mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Harita, terutama dalam mengembangkan pengolahan dan pemurnian nikel yang dapat dijadikan bahan baku baterai kendaraan listrik. Hal ini selain meningkatkan nilai sumber daya alam kita, juga sangat mendukung program lingkungan nantinya,” sebut Kapolda, sesuai rilis yang diterima kieraha.com, Rabu sore, 23 September 2020.

BACA JUGA  100 Imam Masjid di Halmahera Selatan Bakal Umroh Gratis

Kapolda juga menyampaikan kehadiran industri bahan baku baterai kendaraan listrik ini merupakan kebanggaan Maluku Utara. Karena industri ini nantinya menjadi yang pertama di Indonesia. Oleh karenanya, Kapolda berharap pembangunan ini dapat berjalan dengan baik.

Direktur Utama Trimegah Bangun Persada Donald Hermanus yang mewakili Harita Nickel berterimakasih atas kunjungan kerja Kapolda Malut. Dukungan dari berbagai pihak menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk terus dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara.

“Kami memiliki cita-cita, kehadiran kami di Maluku Utara dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat dan lingkungan,” lanjutnya.

Kapolda beserta jajarannya menyempatkan diri mengelilingi kawasan operasional Harita Nickel. Rombongan melihat aktivitas operasional peleburan nikel (smelter) yang telah beroperasi sejak 2016. Selain itu, Kapolda meninjau perkembangan pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (refinery) yang telah memasuki tahap akhir. Pada kunjungan ini, Kapolda beserta jajarannya juga menyempatkan diri menanam pohon kenangan di area operasional Harita Nickel. Seluruh rangkaian acara kunjungan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. **

BACA JUGA  Pemda Halmahera Selatan Bangun 50 Rumah tak Layak Huni
Sahrul Jabidi
Author