10 Ton Kopra Putih asal Jailolo Halmahera Barat Dikirim ke Surabaya

  • Bagikan
Ilustrasi kopra putih. (Dok istimewa)

Sepuluh ton kopra hasil produksi kelompok tani Desa Rioribati, Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara dikirim ke Surabaya untuk tujuan ekspor ke luar negeri.

Produksi kopra putih hasil kelompok tani desa tersebut merupakan yang pertama kali. Ini dilakukan berkat kerjasama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Malut.

BACA JUGA

Saksi Bisu 1.000 Ton Kopra dan Sejarah Pembentukan Maluku Utara

Kepala Disnaker Maluku Utara, Ridwan Hasan menyatakan, produksi kopra putih tersebut merupakan hasil kelompok petani binaan Disnaker Provinsi Malut yang masuk prioritas.

“Pengolahan kopra putih (daging buah kelapa yang dikeringkan) sebagai program prioritas ini adalah upaya memperluas kesempatan kerja sektor informal di pedesaan, termasuk menjawab permasalahan rendahnya harga kopra di wilayah¬†Maluku Utara,” kata Ridwan, saat acara pengiriman secara simbolis, di Desa Rioribati, Kamis 14 Januari 2021.

Ishak Naser, Anggota DPRD Maluku Utara yang ikut dalam acara tersebut mengharapkan, pemberdayaan ekonomi yang dilakukan Disnaker ini dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan kedepannya.

“Ini dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi pengangguran,” tambahnya.

Apriyanto Latukau

  • Bagikan