Bawaslu Halmahera Barat Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pemilu 2024

Avatar photo
Kegiatan Fasilitasi Pembinaan Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024, di Dhock Palace, Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Senin 20 Maret 2023. (Riko Noho)

Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat, menggelar Fasilitasi dan Pembinaan Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024, di Dhock Palace, Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Senin 20 Maret 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Bawaslu Maulana Muhlis Ibrahim, Kordiv Pengawasan Bawaslu Muhammadun Adam, dan Panwaslu 9 Kecamatan se Kabupaten setempat.

Agnosius Datang, Koodinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Halmahera Barat menuturkan, tujuan kegiatan fasilitasi dan pembinaan ini dalam rangka penguatan mekanisme pelanggaran Pemilu kepada jajaran penyelenggara tingkat Desa dan Kecamatan.

“Karena saat ini sudah memasuki tahapan Pemuktahiran Data Pemilih,” kata Agnosius, ketika disambangi kieraha.com.

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate

Ia mengatakan jika ada masyarakat mengetahui dugaan pelanggaran money politic atau politik uang segera melaporkan ke Panwaslu Kecamatan atau Kantor Bawaslu setempat terkait pelanggaran Pemilu tersebut.

“Kajian awal untuk menentukan syarat formil atau materil selanjutnya akan disampaikan ke pleno apakah diregistrasi atau tidak, kalau tidak terpenuhi sebagai syarat formil dan materil maka dilakukan informasi awal untuk dilakukan penelusuran di lapangan,” ujar Agnosius.

BACA JUGA PKB Lirik Syahril Abdul Rajak dan Erwin Umar Maju Pilwako Ternate

Ia berharap, kepada masyarakat dan partai politik di Halmahera Barat agar dapat berpartisipasi aktif melakukan pengawasan setiap tahapan pelaksanaan Pemilu ini.

“Untuk itu (kepada masyarakat) agar dapat mengkroscek namanya apakah sudah terdaftar atau belum, namanya dan tanggal lahir sudah betul atau belum,” sambungnya.

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate

Riko Noho

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News