Gubernur dan Wali Kota Tidore Tinjau Lokasi Bandara Internasional di Loleo

Avatar photo
Gubernur Abdul Gani Kasuba dan Wali Kota Ali Ibrahim beserta rombongan saat meninjau langsung lokasi rencana pembangunan Bandara Loleo, di Desa Aketobololo, Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan, Sabtu 10 September 2022. (Sam Terajana/kieraha.com)

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Wali Kota Tidore Ali Ibrahim, meninjau langsung lokasi Bandara Loleo, di Desa Aketobololo, Oba Tengah, Tidore Kepulauan, Sabtu 10 September 2022.

Bandara yang akan dibangun menggunakan alokasi dana APBN ini, kata gubernur telah disepakati akan dibangun pada tahun 2023.

BACA JUGA Ini yang Terungkap dalam Fakta Persidangan Kasus Pemukulan Jurnalis Tidore

“Insha Allah di sini (Loleo) akan jadi Bandara Internasional Maluku Utara, dan pesawat-pesawat berbadan besar akan mendarat di sini,” kata Gani Kasuba.

Menurutnya, pembangunan bandara ini telah diminta oleh Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan untuk dibangun di Weda, Kabupaten Halmahera Tengah.

BACA JUGA  26 Tim Siap Berlaga di Indonesiana Futsal Tournament II

“Akan tetapi saya menolak dengan alasan jarak tempuh dari Sofifi ke Weda cukup jauh. Sementara kalau bandara ini dibangun di Loleo, maka jarak tempuh dari kantor gubernur hanya 20 menit, dan itu diterima oleh Menko Marves dan disepakati di buat di Loleo,” katanya.

Selain pembangunan bandara, gubernur juga berkeinginan akan membangun Asrama Haji Transit yang berdampingan langsung dengan Bandara Loleo.

“Saya akan bertemu dengan Pak Menteri Agama untuk membahas dan mengusulkan pembangunan Asrama Haji di samping bandara, agar jarak tempuh Jemaah Haji ke Bandara cukup dekat,” tambahnya. *

Yadi Ismail