Kapal Tongkang Bermuatan Feronikel 4.000 Ton Karam di Laut Obi Halmahera

Avatar photo
Ilustrasi kapal tenggelam. (Kieraha.com/Hairil Hiar)

Satu unit Kapal Tongkang bermuatan feronikel 4.000 ton mengalami kebocoran hingga menyebabkan muatan feronikel tercebur ke laut di Perairan Dermaga Perusahaan PT Wanatiara Persada, Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Sabtu, 8 April 2023.

Peristiwa tersebut mengakibatkan satu ABK tugboat bernama Nur Ilham Syah tenggelam dan hilang saat hendak memindahkan tali kapal yang karam di perairan tersebut.

Kejadian kapal karam ini disampaikan oleh Basarnas Ternate setelah mendapat laporan adanya korban tugboat yang hilang tenggelam saat insiden tersebut terjadi.

Kepala Basarnas Fatur Rahman menyebutkan, kapal bermuatan feronikel 4.000 ton itu awalnya diminta melepaskan tali karena kapal akan dipindahkan. Namun saat proses pemindahan kapal tersebut mengakibatkan insiden bagian depan tongkang terangkat.

BACA JUGA  Penyebab Listrik Padam di Mandioli Halmahera Selatan

“Pada saat kejadian itu terdapat tiga kru kapal tugboat, yakni Eko Pradana, Hardi Pramana Putra dan Nur Ilham Syah yang berada di sebelah kapal. Mereka ikut terjatuh ke laut karena benturan dari tongkang,” sebut Fatur dalam keterangan tertulis, Minggu 9 April 2023.

BACA JUGA KSOP Ternate Tunda Sementara Keberangkatan Kapal Lokal di Perairan Malut

Dalam operasi pencarian salah satu korban yang hilang tenggelam ini, lanjut Fatur, pihak Basarnas Ternate pada pukul 08.50 WIT telah memberangkatkan Tim Rescue USS Bacan.

“Tim menuju Jeti II perusahaan PT Wanatiara dengan membawa Rubberboat dan Palsar Laut lainnya untuk operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban,” sambungnya. *

BACA JUGA  Penyebab Listrik Padam di Mandioli Halmahera Selatan