Nikah Sesama Jenis di KUA Halmahera Selatan Berjalan Mulus

Avatar photo
Ilustrasi/Liputan6.com

Pernikahan di Desa Sekli, Kecamatan Gane Barat Selatan, Halmahera Selatan, bikin heboh. Ini terjadi karena mempelai pengantin merupakan pasangan sesama jenis. Anehnya lagi, pria yang menikahi pria itu tak tahu kalau pasangan wanitanya adalah seorang lelaki. Bahkan pernikahan sesama jenis ini berjalan lancar di Kantor KUA Gane Barat Selatan pada Kamis, 16 Mei 2024.

Malik, Kepala Desa Sekli membenarkan, pasangan suami istri yang sah dinikahkan di Kantor KUA itu merupakan pasangan sesama jenis.

“Kasus ini diketahui setelah ibu-ibu aparat desa dan bidan mengecek status mempelai perempuan. Hasil pengecekan benar kalau dia (mempelai wanita) adalah laki-laki,” ujar Malik, ketika dikonfirmasi, Jumat sore.

BACA JUGA  122 Santri Ponpes Darussalam Bacan Diwisuda

Malik menyatakan, kebenaran ini juga diperkuat dengan informasi dari pihak keluarga mempelai wanita yang berdomisili di Halmahera Tengah.

“Dari keterangan keluarganya bilang kalau yang bersangkutan adalah laki-laki. Sekarang orangtuanya dalam perjalanan menuju Desa Sekli,” lanjut Malik.

Untuk menghindari amukan warga, pihak Pemdes mengarahkan sejumlah aparat keamanan untuk melakukan penjagaan.

“Situasi di Sekli sudah dijaga aparat Linmas dan Kepolisian,” jelas Malik.

Menurut informasi bahwa pernikahan sesama jenis di Kantor Urusan Agama Kanwil Kemenag Halmahera Selatan ini berjalan lancar karena adminitrasi perkawinan menggunakan surat keterangan.

Kieraha.com berusaha menghubungi La Sengka La Dadu, Kepala Kantor Kemenang Halsel. Namun upaya konfirmasi melalui telepon belum bersambut. *

BACA JUGA  Bupati Halmahera Selatan Salat Id di Desa Indari