Pemda Halmahera Selatan Siapkan Mudik Gratis dari Pelabuhan Bastiong Ternate

Avatar photo
Ramli Manuy/Abdul Anas Barmawi

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan menyediakan layanan mudik gratis untuk kapal laut. Program mudik gratis ini khusus untuk warga dari Ternate ke Halmahera Selatan yang ingin pulang kampung merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga.

“Bupati memberikan instruksi kepada kami buat rapat untuk mengatur mudik gratis menjelang Lebaran Idul Fitri 2024. Ini adalah perhatian khusus dari Pak Bupati kepada warga Halmahera Selatan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Halmahera Selatan, Ramli Manuy, ketika disambangi kieraha.com.

Ramli menyatakan, layanan mudik gratis menggunakan kapal laut ini bertolak dari Pelabuhan Bastiong Ternate dengan pelabuhan tujuan Kupal dan Pulau Obi. Kapal ini juga berlabuh di Pelabuhan Pulau Makean, Kayoa, dan Gane Barat.

BACA JUGA  Disnakertrans Halmahera Selatan Bakal Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

Ramly menambahkan, selain penerapan mudik gratis, Pemda setempat melalui Dishub juga menyiapkan posko pengamanan mudik lebaran di setiap pelabuhan.

“Kebijakan ini adalah bentuk kepedulian Pak Bupati Halmahera Selatan terhadap masyarakat. Untuk itu bagi pemudik tidak perlu kuatir biaya mudik di H-2 jelang Idul Fitri 2024 dapat pulang ke kampung halaman dengan tenang,” lanjutnya. *