Proyek Mangkrak Masjid Agung Halmahera Selatan Bakal Dituntaskan Tahun Ini

Avatar photo
Bupati Bassam Kasuba bersama Rektor Unhair Ternate DR Ridha Ajam saat meninjau lokasi pembangunan Masjid Agung Halmahera Selatan, Selasa 2 Juli 2024/Abdul Anas Barmawi/kieraha.com

Pemda Halmahera Selatan menargetkan pembangunan Masjid Agung Al Khairat akan diselesaikan pada tahun ini. Upaya pembangunan proyek yang sempat mangrak ini dengan menggandeng Universitas Khairun Ternate. Ini dilakukan untuk mengkaji kembali kelayakan bangunan serta aspek teknis lainnya untuk ditindaklanjuti dalam tahap pekerjaan tersebut.

Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba menyebutkan, pembangunan lanjutan Masjid Agung dianggarkan melalui APBD Tahun Anggaran 2024 senilai kurang lebih Rp 23 miliar.

“Jumlah ini belum termasuk dengan anggaran perencanaan dan pengawasan yang sudah dialokasikan dalam APBD TA 2024,” ucap Bassam, ketika disambangi kieraha.com, Rabu 3 Juli 2024.

BACA JUGA  3 Kadis Ini Akan Dampingi Bupati Halmahera Selatan ke Slovakia

Bassam menuturkan, pembangunan proyek masjid raya ini sempat diperkarakan kelompok masyarakat atas dugaan korupsi anggaran pembangunan tahun anggaran 2015 – 2018.

“Karena itu kami menggandeng Unkhair Ternate sebagai tim teknis untuk mengkaji kembali kelayakan bangunan pada masjid tersebut sesuai rekomendasi dari Kejati Malut,” lanjutnya.

Ia meminta, pembangunan masjid segera dilakukan karena akan difungsikan pada tahun ini. *