Update Korban Cahaya Arafah di Halmahera Bertambah Jadi 9 Orang pada Kamis Pagi 21 Juli

Avatar photo

Tim SAR Gabungan terus melakukan pencarian terhadap korban Kapal Motor Perahu Cahaya Arafah yang tenggelam di Perairan Tokaka, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Fatur Rahman, Kepala Basarnas Ternate menyebutkan, dalam operasi pencarian hari keempat ini ditemukan sebanyak lima orang korban kapal naas tersebut.

BACA JUGA Video Dramatis Evakuasi Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Perairan Halmahera

“Korban ditemukan antara pukul 08.25 hingga pukul 10.55 WIT,” ujar Fatur, Kamis siang.

Ia mengatakan dalam pencarian hari keempat ini, juga melibatkan dua WNA asal Jerman.

“Pada pencarian ini, tim memfokuskan untuk penyelaman di titik lokasi bangkai KMP Cahaya Arafah. Setelah tim turun melaksanakan penyelaman, kemudian ditemukan lima orang korban di kedalaman 48 meter dalam bangkai Kapal Cahaya Arafah,” lanjut Fatur.

BACA JUGA  Pemda Halmahera Selatan Lepas 194 JCH Menuju Ternate

Kelima korban yang ditemukan ini dalam kondisi meninggal dunia. Masing-masing atas nama Afifah Kaisa berumur 3 tahun, Risal Badri berumur 9 tahun asal Desa Yomen, Ramla Gonofo berumur 60 tahun asal Desa Yomen, Abubakar Mahmud berumur 70 tahun asal Desa Wayamiga, dan Asmania Haji berumur 61 tahun asal Desa Tawa.

“Selanjutnya korban dievakuasi ke kapal KN Pandudewanata untuk dibawa ke Pelabuhan Desa Tokaka dan diserahkan ke pihak keluarga masing-masing,” sambungnya.

Jenazah korban tenggelamnya Kapal Cahaya Arafah yang ditemukan pada pencarian hari keempat. (Dok SAR/kieraha.com)
Jenazah korban tenggelamnya Kapal Cahaya Arafah yang ditemukan pada pencarian hari keempat. (Dok SAR/kieraha.com)

Adanya 5 korban yang ditemukan ini maka jumlah korban Kapal Cahaya Arafah yang sudah ditemukan bertambah menjadi 9 orang. Sisa empat lainnya masih dalam pencarian Tim SAR.

Total korban yang dinyatakan hilang setelah kapal naas ini tenggelam berjumlah sebanyak 13 orang dari total 77 penumpang yang terdaftar setelah kapal mengalami kecelakaan.

BACA JUGA  Kepala Desa di Halmahera Selatan Diminta Lebih Inovatif

Akbar Amin