KRI Dorang Jadi Kapal Khusus Wapres Selama di Ternate dan Tidore

Avatar photo
Pelabuhan kapal laut antarprovinsi di Ternate. (Hairil Hiar/Kieraha.com)

Markas Besar TNI AL menunjuk Kapal Perang KRI Dorang sebagai kapal utama yang akan melayani Wakil Presiden, Maruf Amin selama kunjungan kerja di Kota Ternate dan Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

KRI Dorang adalah kapal TNI AL yang melaksanakan tugas di Komando Armada RI Wilayah III Sorong untuk kawasan timur Indonesia.

Komandan Pangkalan TNI AL Ternate Kolonel Mar Ridwan Aziz menyatakan, dari empat KRI yang bertugas melayani kunjungan RI2, KRI Dorang merupakan KRI yang akan melayani Wapres dalam melaksanakan kunjungan dari Ternate ke Pelabuhan Trikora Tidore.

“KRI Dorang yang bertugas melayani RI2 selama di Maluku Utara,” jelasnya, ketika dikonfirmasi kieraha.com, Senin 8 Mei 2023.

Danlanal mengemukakan, dari empat KRI tersebut terdapat dua KRI yang sudah berlabuh dan sandar di Pelabuhan Ternate yakni KRI Dorang dan KRI Albakora.

BACA JUGA TNI AL Siapkan Tiga Kapal Perang Layani Wapres Selama di Tidore dan Ternate

“KRI Dorang dan KRI Albakora sudah ada di Ternate, sementara KRI Tatihu dan KRI Teluk Wondama akan tiba paling lambat besok,” katanya.

Danlanal menambahkan, semua KRI yang bertugas melayani Wapres selama berada di Maluku Utara akan dilakukan sterilisasi oleh Pasukan Pengamanan Presiden maupun dari kru kapal.