BPN Targetkan 500 Bidang Tanah Bersertifikat di Ternate Utara

  • Bagikan
Kantor BPN Ternate. (Sahrul Jabidi/Kieraha.com)

Kantor Pertanahan Kota Ternate menargetkan sebanyak 500 bidang tanah pada tahun 2021 bersertifikat. Target ini difokuskan untuk wilayah Kecamatan Ternate Utara.

Ini dilakukan menyusul realisasi target Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Badan Pertanahan Nasional pada 2020 di Ternate belum mencapai 100 persen.

BACA JUGA

KPU Buka 50 Kotak Suara Hasil Pilkada Ternate 9 Desember

“(Jumlah) yang dicanangkan belum memenuhi target dikarenakan pandemi, sehingga ada perubahan prosedur petugas di lapangan. Namun target ini sudah diupayakan secara maksimal dan realisasinya 512 bidang tanah bersertifikat (dari target 550 bidang tanah bersertifikat),” kata Kabag Umum Kantor Pertanahan Kota Ternate, Afrianto S, begitu disambangi, Selasa, 19 Januari.

Ia menyebutkan, petugas BPN selama pandemi virus corona kewalahan pada saat berada di lapangan merealisasikan program ini karena harus sesuai protokol kesehatan.

Meski begitu, lanjut Afrianto, capaian maksimal dilakukan hingga 512 bidang tanah dibagikan sertifikat yang meliputi beberapa kelurahan di Pulau Moti dan Ternate Utara.

“Pembagian sertifikat tanah ini tersebar di beberapa kecamatan per kelurahan, yakni Soasio 46 bidang, Toboleu 24 bidang, Sangaji 8 bidang, Sangaji Utara 102 bidang, Makassar Timur 69 bidang. Untuk Pulau Moti ada tiga kelurahan, yaitu Takofi 76 bidang, Tafamutu 88 bidang, dan Tafaga 99 bidang,” jelasnya.

Sahrul Jabidi

  • Bagikan