Sampah Menumpuk di Ngade Ternate Sudah Menimbulkan Bau Busuk

  • Bagikan
Sampah menumpuk di Ngade. (Sahrul Jabidi/Kieraha.com)

Sampah rumah tangga di TPS Lingkungan RT 006 RW 05, Kelurahan Ngade, Kecamatan Ternate Selatan, dibiarkan menumpuk. Sampah yang sudah lima hari belum diangkut itu sudah menimbulkan bau busuk. Kondisi ini membuat warga sekitarnya mengeluh.

“Kami dan warga sini sudah buang sampah pada tempatnya. Namun, masalahnya petugas kebersihan yang sering molor dalam pelayanannya, sehingga sampai hari ini belum juga datang mengangkut sampah tersebut,” kata Yasir, warga Ngade, Jumat 29 Januari.

BACA JUGA Sampah Menggunung hingga Terumbu Karang Rusak

Ia menyatakan, sampah yang belum diangkut ini sudah sering terjadi. Bahkan sampai satu minggu baru sampah rumah tangga dari warga kelurahan ini diangkut oleh petugas.

“Akhirnya kami yang tinggal di sekitar TPS ini menjadi korban akan bau sampah,” katanya.

Keluhan yang sama disampaikan Vian Fabanyo, warga lingkungan setempat. Vian dan warga lingkungan tersebut meminta agar keberadaan sampah ini diangkut setiap hari.

“Kalau pelayanannya model begini justru kami yang dekat sini yang akan kena penyakit. Karena selain bau busuk, sampah ini juga mendatangkan nyamuk dan lalat,” tambahnya.

Kieraha.com berusaha mengkonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH selaku SKPD yang menangani kebersihan di Ternate. Namun upaya konfirmasi yang dilakukan di Kantor DLH belum bersambut.

Sahrul Jabidi

  • Bagikan