oleh

Waspada Pelaku Pencurian Barang Elektronik di Ternate Beroperasi Malam Hari

Tiga orang pelaku kasus pencurian barang elektronik yang beroperasi di Kota Ternate ditangkap polisi. Dari tangan para tersangka diamankan 16 unit HP, laptop dan kamera.

“Para pelaku ini berinisal SB alias Oman (25 tahun), NT alias Pokes 31 tahun, dan KB alias Komar berumur 32 tahun,” kata Kapolsek Ternate Utara, Ipda Joni Aryanto, dalam siaran pers yang diterima kieraha.com, di Kecamatan Ternate Utara, Selasa 2 Februari.

BACA JUGA Bejatnya Kasus Perkosaan Menimpa Gadis 16 Tahun di Halmahera

Joni mengemukakan, pengungkapan tersangka kasus pencurian barang elektronik ini berawal dari laporan pengaduan Nomor: LP/04/1/2021/Sek Ternate Utara atas nama Wahyudin yang kehilangan 2 unit handphone atau HP merek Redmi Note 8 Pro warna hitam dan Vivo 1742 warna putih gold, di Kantor Sekretariat Panwascam Ternate Utara, Kelurahan Sangaji Utara.

“Kemudian Polsek memerintahkan unit Resmob Polsek Utara untuk melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya para pelaku tersebut berhasil diamankan,” jelasnya.

Pelaku Beraksi Saat Malam Hari

Joni mengemukakan, kasus pencurian ini berlangsung dalam satu bulan terakhir di wilayah Ternate Utara dan Ternate Tengah. Modus operandi ketiga pelaku dengan mendatangi rumah atau kantor pada malam hari, sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 WIT. Pelaku beroperasi dengan cara masuk melalui jendela rumah menggunakan obeng.

“Peran dari pelaku ini ada yang menunggu di luar untuk memantau situasi TKP,” ujar Joni.

Ketiga tersangka kasus ini diancam pasal pencurian dengan pemberatan, yakni Pasal 363 dan 64 Ayat 1 KUHPidana dengan hukuman lebih dari 7 tahun penjara.

Untuk warga yang merasa kehilangan barang elekronik berupa handphone, laptop maupun kamera agar melapor ke Unit Reskrim Polsek Ternate Utara, dengan membawa surat atau bukti pembelian barang elektronik tersebut.

Enam belas unit handphone ini terdiri dari Redmi Note 8 Pro warna hitam, Vivo 1742 warna putih gold, Samsung 30 S warna putih, Samsung J5 biasa warna putih, Xiaomi Note 5A warna silver, Oppo F11 warna hitam, Vivo Y12 warna gold, Samsung Note 5 warna gold, Samsung M31 warna hitam, Samsung J6 warna hitam, iphone 74 warna hitam, Vivo Y12 warna merah, Oppo A15 warna putih, Samsung J6t warna merah, Vision warna biru, Samsung A21 S warna silver. Juga 3 unit laptop tipe Asus FF5V9K7 Core i3 warna putih, Asus A455L Core i3 warna hitam dan HP AMD Radeon Core i5 warna merah, serta 2 kamera DSLR Cannon Type Kiss XS warna hitam dan kamera digital G cyber shoot, dan 1 jam tangan merk casio warna gold. **

Sahrul Jabidi

Bagikan Kabar Anda