oleh

Anak Kecil Bakar Sampah di Ternate Nyaris Hanguskan Satu Rumah

Salah satu rumah yang berada di lingkungan RT01 RW01, lingkungan Akesako, Kelurahan Dufa Dufa, Kecamatan Ternate Utara, nyaris habis dilalap api, Selasa sore, 9 Februari.

Beruntung kejadian ini cepat ditangani oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ternate sehingga kobaran api yang telah merembet masuk ke rumah berhasil dipadamkan.

BACA JUGA Di Balik Sosok Lelaki Bercadar yang Hebohkan Warga Kota Ternate

Kronologi kebakaran ini bermula dari ulah seorang anak berusia empat tahun yang membakar sampah di belakang rumah. Kobaran api dengan cepat merembet ke rumah karena dekat dengan minyak tanah.

Rizal, salah satu penghuni rumah mengaku, pembakaran yang dilakukan adiknya itu bermula dari ponsel pintar yang diinginkan adiknya tersebut namun tidak diberikan.

“Dia pinjam HP tapi tidak diijinkan akhirnya dia ke belakang rumah dan bakar sampah. Sementara di situ ada minyak tanah makanya api dengan cepat menajalar,” katanya, ketika disambangi, di lokasi kejadian, Selasa sore.

BACA JUGA DPRD Desak Pemkot Ternate Lunasi Utang BBM Mobil Pengangkut Sampah

“Dalam insiden ini sebanyak 20 personel dan 4 mobil Damkar yang dkerahkan sehingga api dengan cepat dipadamkan,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ternate, Arwan Andili.

Ia membenarkan, sumber api berawal dari pembakaran sampah yang dilakukan itu.

“Anak yang usia empat tahun itu bakar sampah dan api langsung merembet ke minyak tanah kurang lebih 25 liter hingga menjalar dan membakar rumah,” jelasnya.

Kejadian ini, lanjut Arwan tidak ada korban jiwa namun terdapat kerugian materil.

Khaira Ir Djailani

Bagikan Kabar Anda