oleh

Kota Ternate Akhirnya Punya RSUD Sendiri

Pemerintah Kota Ternate akhirnya secara resmi menjadikan Puskesmas Kota yang terletak di Jalan Saleh Effendi Nomor II, Kelurahan Stadion, sebagai Rumah Sakit Umum Daerah, Senin 15 Februari 2021.

Keberadaan RSUD ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

BACA JUGA Tentang Pengobatan Akupuntur di Ternate Maluku Utara

Kepala Dinas Kesehatan Nurbaity Rajabessy menyebutkan, pendirian rumah sakit ini dilakukan berdasarkan rencana peraturan daerah dalam RPJMD Ternate 2016-2020.

“RSUD ini memiliki sumber daya manusia sebanyak 110 tenaga kesehatan,” ujar Nurbaity, ketika dikonfirmasi, usai peresmian RSUD Ternate, di Kelurahan Stadion, Senin.

Ia mengatakan jumlah tenaga kesehatan ini terdiri dari dokter spesialis penyakit dalam satu orang, spesialis bedah satu orang, spesialis anak satu orang, spesialis kandungan 3 orang, spesialis gigi 3 orang, dan dokter umum 4 orang, serta tenaga paramedis 81 dan non paramedis 16 orang.

Untuk fasilitas ruangan terdapat ruang gawat darurat satu unit, ruang kebidanan satu unit, ruang poliklinik 4 unit, ruang kelas II 2 unit, kelas III 3 unit, dan ruang administrasi 1 unit.

“Untuk pelayanan di RS ini terdiri dari unit gawat darurat, kebidanan, rawat jalan spesialistik, pelayanan gigi dan mulut, dan penunjang laboratorium,” lanjutnya.

Meski begitu, kata Nurbaity, keberadaan RSUD Ternate yang pertama dimiliki kota ini belum representatif sehingga diharapkan kedepannya masih ada kucuran dana APBN.

Sahrul Jabidi

Bagikan Kabar Anda